Berkat 'Qurraci', 5 Mahasiswa UM Sabet Medali Emas Internasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Berkat 'Qurraci', 5 Mahasiswa UM Sabet Medali Emas Internasional
Media pembelajaran interaktif Al-Qur’an dan natural science dengan brand “Qurraci” (Foto: Humas UM)
BERITA Kanal Straight

Berkat ‘Qurraci’, 5 Mahasiswa UM Sabet Medali Emas Internasional

Satukanal.com, Malang – Kabar baik kembali menghampiri Universitas Negeri Malang (UM). Berkat kelima mahasiswanya diajang International Invention Competition For Young Moslem Scientists (IICYMS), yang berhasil meraih medali emas kategori educations.

Ajang perlombaan yang digelar secara daring, tak menyurutkan semangat kelima mahasiswa tersebut. Produk yang mereka kembangkan adalah media pembelajaran interaktif Al-Qur’an dan natural science berbasis Augmented Reality (AR) untuk para siswa SMA.

Kelima mahasiswa tersebut yakni Fatwah Inna Aulisaina (Manajemen 2019), M. Iqbal Najib Fahmi (Pendidikan Biologi 2019), Samudra Mutiara Hasanah (Pendidikan Kimia 2019), Muhammad Ahsan Thoriq (Pendidikan Bahasa Arab 2018), dan Fanny Farida (Desain Komunikasi Visual 2019).

Baca Juga :  Wujudkan Generasi Emas Sejak Dini, Dispendik Kabupaten Malang Sosialisasikan Lingkungan Belajar Berkualitas

Menggunakan brand bernama “Qurraci”, media pembelajaran ini digunakan untuk mempermudah para siswa dalam pembelajaran ayat Kauniyah (ayat yang menjelaskan fenomena alam) melalui 3 bab, yakni Fisika, Kimia, dan Biologi.

Terkait perbedaan dengan media pembelajaran lain, Najib Fahmi melansir dari laman Universitas Negeri Malang mengatakan, metode yang diberikan lebih efektif, menarik, dan interaktif karena buku ini dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui barcode yang terletak di awal buku untuk mengunduh sebuah aplikasi.

Baca Juga :  Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan

“Media pembelajaran Al-Qur’an dan Natural Science pada umumnya hanya berupa buku dan tidak disertai dengan pembahasan tafsir yang komprehensif,” terang Fahmi.

Kelima mahasiswa UM ini telah mendedikasikan ilmunya dengan mengembangkan fitur-fitur menarik sebagai penunjang belajar, seperti AR, tafsir berbagai masa, dan evaluasi berbasis gamifikasi.

Berkat ‘Qurraci’, Kelima mahasiswa UM ini juga berhasil mendapatkan spesial award dari Malaysia Innovation Invention Creativity Assosiation (MIICA) dan mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait