Berkat Catat Inovasi Terbanyak, Pemkab Malang Raih Penghargaan IGA 2020 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Berkat Catat Inovasi Terbanyak, Pemkab Malang Raih Penghargaan IGA 2020
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN MALANG STRAIGHT NEWS

Berkat Catat Inovasi Terbanyak, Pemkab Malang Raih Penghargaan IGA 2020

SATUKANAL.com, MALANG – Pada Jumat (18/12/2020) Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M raih penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) 2020 yang diberikan oleh Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

Acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta Pusat. Diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Bupati Malang, sebagai wujud apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah mendorong reformasi pada sektor pelayanan publik dan tata keloka pemerintahan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Pada penghargaan ini, Kabupaten Malang masuk dalam enam kabupaten se Indonesia kategori Kabupaten dan Kota Terinovatif. Berkat berbagai inovasi-inovasi yang telah diciptakan dan dijalankan dengan catatan terbanyak dan terbaik.

Tujuan utama terciptanya inovasi tersebut, untuk memberikan manfaat terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Malang. Seperti di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pertanian, Perikanan, Pemerintahan Desa dan bidang lainnya.

Baca Juga :  Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya

”Penghargaan ini untuk memacu diri bahwa setiap pimpinan daerah kabupaten / kota diminta melakukan perubahan dan terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing. IGA ini untuk mendorong agar pemerintah daerah mampu menggerakkan perubahan yang ada di daerahnya dengan potensi dan SDM yang ada.” Ujar Bupati Malang.

Sanusi juga menyampaikan bahwa, Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melakukan berbagi terobosan dan inovasi menarik, agar pelayanan publiknya semakin maksimal dan memberikan manfaat bagi seluruh warga di Kabupaten Malang.

Penghargaan IGA ini berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2018 tentang Inovasi Daerah serta berdasarkan Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang Penilaian Pemberian dan Penghargaan atau Insentif Inovasi Daerah.

Baca Juga :  Malang Kembali Zona Merah Covid-19, Pemkot Hentikan Operasional Bioskop

Pelaksanaan penilaian pengukuran indeks inovasi daerah ini, melibatkan 15 dewan juri dari Kementerian/Lembaga, media dan juga berbagai instansi ataupun lembaga kredibel lainnya.

Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapanya agar, berbagai inovasi harus dilakukan dalam setiap bidang pelaksanaan urusan pemerintahan. inovasi juga harus menjadi visi dari Pemerintah Daerah, terutama sebagai katalisator dalam mempermudah investasi dari pusat ke daerah.

”Dalam masa otonomi daerah sudah sewajarnya inovasi merupakan kata kunci penting bagi pemerintah daerah. Pemda harus selalu terampil dalam mengharmonisasikan antara garis kebijakan Pemerintah Pusat dengan inisiatif daerah. Sehingga efeknya akan selalu selaras dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Dalam inovasinya, sudah tentu pemda harus memperhatikan harmonisasi tersebut,” Ujar Mendagri.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait