Berkaca dari Tahun Lalu, Disdikbud Kota Malang Benahi PPDB Jalur Prestasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Berkaca dari Tahun Lalu, Disdikbud Kota Malang Benahi PPDB Jalur Prestasi
BERITA Kanal Highlight

Berkaca dari Tahun Lalu, Disdikbud Kota Malang Benahi PPDB Jalur Prestasi

Satukanal.com, Malang – Sempat banjir kritikan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP jalur prestasi tahun lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang telah benahi mekanisme penerimaan di tahun ini.

Kadisdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM melalui keterangannya menyampaikan bahwa, PPDB jenjang SMP jalur prestasi tahun ini dibedakan. Yakni jalur khusus non akademik dan akademik. Untuk tiga hari ini, jalur prestasi itu dibebankan kepada prestasi non akademik.

“Kami berkaca dari tahun lalu yang sempat membludak dan tak terkonsentrasi dengan baik mana yang prestasi akademik juga non akademik,” ujar Suwarjana.

Suwarjana menambahkan, pada tahun lalu calon siswa yang memilih di jalur ini tergolong sepi. Disdikbud Kota Malang mencatat, para peserta didik baru membludak pada jalur prestasi akademik.

Untuk itu, pihaknya memutar otak agar pelaksanaan PPDB tahun lalu tak terulang lagi tahun ini. Pembatasan per hari juga dilakukan dengan 300 pendaftar saja lantaran masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat

Pria yang kini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Malang itu menyebutkan, pagu jalur prestasi non akademik ini mendapat kuota lima persen dari pagu sekolah.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para kepala sekolah di Kota Malang terkait kesiapannya menampung siswa prestasi non akademik. “Ini kan kami juga ingin ada keseimbangan bahwa para siswa harus juga pandai dalam hal akademik. Jadi, ini jadi ajang mengolah otak kanan dan kiri mereka,” imbuhnya

Sementara itu, hasil verifikasi jalur prestasi non akademik akan diambil pada 22 Mei mendatang. Sedangkan pendaftarannya akan dilaksanakan pada 31 Mei 2021. Lalu, pengumuman diterima atau tidaknya para peserta didik baru pada 4 Juni dan daftar ulang pada 4-5 Juni 2021.

Di sisi lain Ketua Dewan Pendidikan Kota Malang Dr. Nur Fajar Arif MPd mengatakan, pihaknya memang telah memberikan saran kepada Disdikbud Kota Malang terkait pelaksanaan PPDB.

Baca Juga :  Melihat Uniknya Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono, Bergaya Oriental Khas Negeri Cina

Apalagi berkaca dari tahun lalu, masih ada beberapa catatan buruk. Seperti saat pendaftaran, website PPDB sempat mengalami down. “Untuk tahun ini saya harapkan jauh lebih baik terkait bagaimana sistemnya, kami sudah sarankan kepada mereka (Disdikbud) agar peserta didik tak kesusahan,” jelas Nur.

Nur berharap, pelaksanaan PPDB dapat mengutamakan layanan yang prima. Dirinya juga mendorong kepada pihak penyelenggara PPDB agar menyiapkan infrastruktur internet yang memadai. Perlu diketahui, bahwa jaringan internet juga masih dikeluhkan oleh wali murid peserta didik.

Selain itu kesiapan server juga telah ditambah. Nur menyatakan jika big data server dalam PPDB jauh lebih siap ketimbang tahun lalu. Namun, optimisme itu menurut Nur akan terus dievaluasi setiap tahunnya.

“Kami juga berkomitmen mengawal PPDB agar lebih transparan dan membantu penyelenggara dalam setiap saran agar selalu lebih baik tiap tahunnya,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait