Beri Trauma Healing, Semangati Tiga Anak Isoman Tanpa Orang Tua - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Beri Trauma Healing, Semangati Tiga Anak Isoman Tanpa Orang Tua
Suasana yang tampak saat kunjungan ke rumah tiga anak yang sedang menjalani isoman tanpa orang tua (Foto: Humas Pemkot Malang)
BERITA Kanal Straight

Beri Trauma Healing, Semangati Tiga Anak Isoman Tanpa Orang Tua

Satukanal.com, Malang –Bagi pasien Covid-19 terutama anak-anak, pemberian semangat sangat diperlukan dalam proses penyembuhannya. Hal itulah yang dilakukan Walikota Malang, Sutiaji, saat menyambangi tiga anak terpapar Covid-19.

Tiga bersaudara tersebut sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) tanpa orang tua, di rumahnya yang berada di Perumahan Puskopad, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang. Mereka terpapar Covid-19 dari orang tuanya. Sang ibu meninggal dunia pada Minggu (11/07/2021) setelah dirawat selama tujuh hari di RSUD Kota Malang. Sedangkan sang ayah, kini dirawat di RSUD Kota Malang.

Terlihat Walikota Sutiaji yang didampingi Kapolresta Malang Kota, AKBP Bhudi Hermanto dan Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona, berbincang ringan dengan ketiga anak tersebut mengenai cita-cita mereka. Saat ini, anak pertama dari tiga bersaudara itu duduk di kelas 2 SMA. Sedangkan anak kedua berusia kisaran 12 tahun dan duduk di kelas 2 SMP. Sementara anak ketiga merupakan siswa kelas 5 SD.

Baca Juga :  Halo Warga Jombang, Kalian di Rumah Saja ya.. 22 Titik dalam Kota Disekat

Sutiaji mengungkapkan, kunjungannya menjadi salah satu upaya penyembuhan trauma (trauma healing) bagi penderita Covid-19. Pengalaman saat menjalani isolasi mandiri memiliki muatan emosi yang masuk ke memori dan dapat meninggalkan dampak psikologis, terlebih apabila dialami oleh anak-anak.

Untuk itu, dia meminta pendampingan baik dari psikolog maupun dukungan bersama dari warga setempat. “Kita menguatkan, nanti kita pendampingan. Kita karena keterbatasan psikolog, nanti pendampingan ada RT RW tangguh. Nanti kalau ada kasuistis baru laporan ke kami, akan kami manage juga,” ujarnya

Selain itu, alumnus IAIN Malang itu memberikan apresiasi terhadap program Satgas Malang Raya Trauma Healing (Sama Ramah) yang diinisiasi oleh Kapolresta Malang Kota, Bhudi Hermanto. Hal ini disampaikan saat Walikota Sutiaji memimpin Apel Gabungan dalam rangka peresmian program Sama Ramah di halaman Polresta Malang Kota.

Baca Juga :  Stasiun Jombang Lengang, Hanya Tiga KA yang Transit selama PPKM Darurat

Program ini melibatkan jajaran Polresta Malang Kota, Kodim 0833, Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Malang, serta Pemerintah Kota Malang. Walikota Sutiaji mengapresiasi program Sama Ramah sebagai upaya sinergitas dan koordinasi hexahelix dalam rangka trauma healing korban Covid-19 di wilayah Kota Malang.

“Terdiri dari psikolog yang akan memberikan dampingan pada saudara-saudara kita, yang sedang terpapar, dan bagaimana cara mengatasinya. Ada saudara yang terdampak pasca terpapar, ada yang ditinggal anggota keluarga, ini perlu ada penumbuhan semangat hidup dan pendampingan. Banyak program yang akan kita lakukan,” jelasnya. Tim tersebut juga nampak terjun langsung bersama Walikota Sutiaji saat menyambangi ketiga anak yang melakukan isoman tanpa orang tua.

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

Kanal Terkait