SATUKANAL.COM
BERITA

Beredar Undangan Ajak Siswa SMK Kota Malang Berdemo, Kapolres: Jangan Terprovokasi

Sebuah undangan untuk mengikuti aksi demonstrasi tersebar melalui pesan Whatsapp. Isi pesan tersebut berupa ajakan kepada siswa SMK di Kota Malang untuk turun ke jalan dan ikut menyuarakan aspirasi.

Menurut informasi, undangan itu sudah tersebar sejak Rabu sore kemarin (25/9) hingga Kamis (26/9) di grup-grup sekolah. Selain mengajak anak-anak SMK berdemo, mereka diminta untuk mengenakan dresscode pakaian gelap tanpa menggunakan identitas seragam sekolah.

Berikut isi pesan singkat itu,

Menanggapi hal itu, Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander mengatakan jika pesan yang telah beredar tersebut hoax. Pihaknya bahkan sudah melakukan pengecekan ke setiap sekolah di Kota Malang, baik itu SMA, SMK maupun SMP, dan tidak ditemukan indikasi pembenaran akan ajakan tersebut.

“Saya jelaskan, sebelum beredarnya hoax ini, kami dari Polres Malang Kota dan juga dandim Malang Kota sudah melakukan pengecekan di masing-masing sekolah. Baik itu melalui peran babinsa dan bhabinkamtibnas. Sampai sekarang, belum ada ditemukan,” ujar dia saat ditemui awak media, Kamis (26/9).

Meski begitu pihaknya tetap melakukan koordinasi, evaluasi, dan antisipasi terkait munculnya ajakan kepada siswa-siswa SMK, SMU, dan SMP untuk berdemonstrasi untuk meminimalisasi oknum-oknum tak bertanggung jawab yang membuat provokasi.

“Kami tetap mengevaluasi dan mengantisipasi apabila nantinya ada ajakan itu. Sehingga semuanya bisa kami minimalisasi dan jangan sampai adik-adik yang statusnya masih pelajar ini digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” pungkas nya.

Kanal Terkait