Beredar Isu Telur Palsu China DKPP: Tidak Bisa Masuk Pasar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Beredar Isu Telur Palsu China DKPP: Tidak Bisa Masuk Pasar
Telur yang sempat diduga palsu di Kota Kediri/Foto: satukanal.com, Anis Firmansyah
BERITA Kanal Straight

Beredar Isu Telur Palsu China DKPP: Tidak Bisa Masuk Pasar

Satukanal.com, Kediri – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir terkait informasi dugaan telur palsu dari China. Sebab secara kasat mata masyarakat dapat secara langsung membedakannya.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DKPP Kota Kediri drh. Pujiono mengatakan, belakangan kekhawatiran telur palsu menyeruak di Kota Kediri, itu setelah adanya vidio viral telur palsu yang beredar di media sosial. Namun menurutnya masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, sebab secara kasat mata bentuk fisik telur ayam sudah diketahui dan tidak bisa dimasak.

“Kekhawatiran warga masyarakat adanya informasi telur palsu dari China, itu tidak bisa masuk (pasar). Orang pasti mengetahui perbedaan fisiknya, dan orang tak mau memilih,” jelas Kasi Kesmavet DKPP Kota Kediri drh.Pujiono, kepada satuknal, Rabu 19 Mei 2021.

Baca Juga :  Wisata Petik Jambu Kristal Batu Jual Olahan Online

Dia juga menjelaskan, infomasi keberadaan telur palsu asal negeri China itu memang ada namun hanya mainan untuk anak-anak. Jika pun ada di pasaran bukan telur palsu dari China namun jenis lain yang dapat dikonsumsi, atau biasa disebut telur berkualitas rendah.

Menurunnya kualitas telur ayam disebutkan seperti tidak utuh, secara fisik ada retakan atau pecah. Dikalangan pedagang dikenal sebagai telur bentas, yang dijual dengan harga lebih murah. “Kalau palsu berdasarkan tidak asli, tidak ada. Tapi kalau telur dengan kualitas menurun itu ada,” jelas Pujiono.

Baca Juga :  Kunker Saat PPKM, Wakil Rakyat Jombang Wajib Isoman

Tetapi, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan, adanya keberadaan telur palsu yang beredar di pasaran. Untuk mewaspadai hal tersebut, dia berpesan untuk membeli telur ayam di gerai atau kios-kios penjualan dengan kualitas bagus.

“Belilah telur ayam di gerai-gerai khusus. Sekarang sudah banyak gerai atau kios yang menyediakan telur-telur kualitas bagus. Kemudian jalur distribusi telurnya, cari yg punya sanad bagus dari penjualan,” tutupnya.

 

 

Penulis : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait