Beredar Akun Palsu Facebook Wali Kota Malang Yang Berpotensi Merugikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Beredar Akun Palsu Facebook Wali Kota Malang Yang Berpotensi Merugikan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Beredar Akun Palsu Facebook Wali Kota Malang Yang Berpotensi Merugikan

SATUKANAL.com, MALANG– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menemukan akun palsu Facebook Wali Kota Malang. Akun ini mengatasnamakan Wali Kota Malang Sutiaji. Meski belum banyak mengunggah foto atau konten lainnya, sejumlah warga pada kolom komentar mengira akun tersebut asli milik Sutiaji.

Menanggapi hal tersebut, Sutiaji menjelaskan bahwa dirinya sudah lama tidak menggunakan akun Facebook. “Saya sudah lama tidak menggunakan Facebook. Sudah kurang lebih tiga tahun. Tiba-tiba ada yang menggunakan akun Facebok tersebut, padahal sudah off,” terangnya, Jumat (05/03/2021).

Menurut Sutiaji, kejadian itu bukan yang pertama kalinya dan membuat dirinya serta pihak terdekatnya merasa dirugikan. “Jelas merugikan saya secara pribadi, keluarga dan juga Kota Malang. Karena apa pun yang diunggah akan emmberi persepsi bahwa itu benar saya, padahal bukan,” ungkapnya menerangkan.

Baca Juga :  Kabar Baik, Kemudahan Sewa Lapangan Hanya Dengan Aplikasi Simbah-e

Sementara itu, Nurwidianto selaku Kadiskominfo Kota Malang membenarnya adanya pemalsuan Facebook Wali Kota Malang. Namun, pihaknya belum berencana untuk membawa masalah tersebut ke ranah hukum. “Belum sampai melangkah pada proses hukum meskipun tidak menutup ruang ke sana,” katanya.

Nurwidianto berharap masyarakat agar berhati-hati dalam bermedia sosial dan tidak mudah untuk membuat akun dengan mengatasnamakan orang lain. Untuk itu, ia ingin lebih dulu membangun kesadaran dan literasi kepada masyarakat agar bijak bermain media sosial.

Terlebih dahulu, kami ingin membangun kesadaran dan literasi untuk bijak serta berhati hati dalam bermain sosial media,” tambahnya.

Ia juga menegaskan, fenommena hack emmang akrab dengan dunia maya. Masyarkat tidak akan pernah tahu akun seseorang di hack atau tidak lantaran oknum tersebut akan emmanfaatkan alam bawah sadar pengguna sosmed sekaligus memainkan emosinya.

Baca Juga :  7.226 Lansia Kota Malang Terima Bantuan Pangan Dengan Skema Baru

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Wiwid itu mengatakan bahwa situasi tersebut yang kemudian dinilai dapat membahayakan dan berpotensi fitnah, sehingga memunculkan ujaran kebencian hingga pelecehan.

“Tapi perlu saya ingatkan proses hukum bisa menghadiri siapa saja yang memang berikhtikad tidak baik dengan modus pemalsuan akun atau melakukan hack atas sosmed orang lain,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Plt. Kabag Humas Pemkot Malang itu.

Di akhir pernyataannya, sekali lagi Nurwidianto menginfrmasikan dan menegaskan jika akun tersebut merupakan akun palsu Facebook Wali Kota Malang, bukan milik pribadinya.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait