Berdiri Sejak Tahun 1914, Pasar Splendid Jadi Pasar Hewan Legendaris Di Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Berdiri Sejak Tahun 1914, Pasar Splendid Jadi Pasar Hewan Legendaris Di Malang
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Berdiri Sejak Tahun 1914, Pasar Splendid Jadi Pasar Hewan Legendaris Di Malang

Satukanal.com, Malang – Pasar Splendid Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Pasalnya, lokasi pasar ini dekat dengan beberapa hotel. Hotel-hotel tersebut antara lain Hotel Tugu, Hotel Splendid Inn , Hotel Montana Satu, Hotel Olena Garden, dan Hotel Kartika Satu.

Nama splendid tentu saja terkesan asing bagi orang Jawa, sebab ternyata nama splendid diambil dari nama sebuah penginapan yang berada tidak jauh dari lokasi pasar. Penginapan tersebut bernama Splendid Inn, sebuah penginapan yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda dan masih beroperasi hingga saat ini.

Pasar yang berlokasi di Jalan Brawijaya Nomor 6, Kecamatan Klojen, Kota Malang ini , sudah berdiri sejak tahun 1914. Awal mula berdirinya Splendid, dipelopori oleh para pedagang burung. Sekitar tahun 1960-an mereka sering berkumpul di lokasi ini untuk berjualan atau sekedar mengadakan perlombaan kecil-kecilan untuk menarik minat para pengunjung.

Baca Juga :  Pembangunan Hotel Domba, Wabup Malang Letakan Batu Pertamannya

Namun setiap harinya, kian banyak pedagang burung ikut berjualan di tempat ini, hingga terbentuklah Pasar Burung. Pasar tersebut kemudian menjadi awal Pasar Splendid. Lambat laun, Splendid berkembang menjadi pasar besar seperti saat ini. Tak hanya menjual jenis burung, tetapi beberapa hewan seperti kucing, tupai, ikan, dan hamster juga tersedia di pasar ini.

Pasar ini juga terbagi menjadi dua area, yakni pasar bunga dan pasar hewan. Seperti pasar pada umumnya, di sini ramai penjual dan pembeli. Tak heran jika banyak pecinta hewan dan tanaman sering berjalan-jalan ke tempat ini.

Baca Juga :  Adakan Sosialisasi Jurnalis se-Kabupaten Malang, Guna Peningkatan Wawasan

Para penjual di Pasar Splendid juga masih menggunakan sistem tawar-menawar. Sebab interaksi antara penjual dan pembeli adalah sebuah tradisi orang-orang zaman dahulu untuk sekedar saling berinteraksi dan mengakrabkan diri satu sama lain.

Dahulunya Pasar Splendid juga pernah berpindah lokasi ke Comboran pada tahun 1967 karena terlalu padat dan menimbulkan kemacetan. Namun, pada sekitar tahun 1993 Pasar Splendid dikembalikan lagi ke lokasi semula, dikarenakan Comboran akan dibangun sebuah sekolah.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait