Berbagai Alternatif untuk Menyiasati Rasa Pedas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Berbagai Alternatif untuk Menyiasati Rasa Pedas
bubuk cabai, alternatif di tengah mahalnya cabai rawit/foto: productnation.co
Kanal Highlight Kanal Lipsus

Berbagai Alternatif untuk Menyiasati Rasa Pedas

Krecekan dan bubuk cabai banyak diburu. Menjadi penyelamat lidah para pecinta selera pedas yang terancam oleh meroketnya harga cabai rawit.

DARI lazimnya Rp35 ribu-an, harga cabai meroket. Menembus angka Rp100 ribu/kilogram. Cukup menguras kantong untuk hal yang sebenarnya tak terlampau esensial: selera pedas.

Kendati demikian, bagi sebagian orang, pedas seolah menjadi menu wajib yang harus selalu ada. Tuntutan lidah seakan tak mau peduli akan ‘mahalnya’ rasa pedas.

Maka, sebagian ibu-ibu mulai putar otak mencari alternatif cabai rawit. Purwati, warga Sumbersekar Dau, Kabupaten Malang menggunakan bubuk cabai. Harganya masih landai.

“Kalau ingin membuat makanan pedas bisa diakali menggunakan bubuk cabai rentengan yang dijual di toko-toko. Harganya juga murah, cuma Rp7 ribu saja,” ungkapnya pada pewarta satukanal.com.

cabai kering yang biasa disebut krecekan / foto: www.gibby.id

Selain bubuk cabai, masyarakat di Malang juga beralih ke krecekan atau cabai kering. Harganya lebih murah. Per kilogram hanya Rp 50 ribu.

“Waktu cabai mahal, banyak yang beli krecekan. Krecekan itu biasanya yang beli para pedagang bakso atau lalapan di daerah sini, karena harganya juga lebih murah dari pada cabai rawit segar” tutur May, pedagang di Pasar Landungsari, Kabupaten Malang.

 

Tips Menjaga Ketersediaan Cabai Sepanjang Tahun

Pasang surutnya harga cabai patut diantisipasi oleh keluarga pecinta pedas. Nah, tips dari ibu satu ini harus disimak.

Purwati berbagi kiat. Ketika harga cabai turun, cabai bisa dikeringkan. Lalu di giling sehingga menjadi bubuk cabai kering. Bubuk dari cabai kering tersebut dapat disimpan dalam waktu yang lama.

“Ini merupakan salah satu cara agar rasa masakan tetap pedas ketika harga cabai melambung tinggi seperti sekarang ini,” tuturnya.

Demi menjaga selera, apa boleh buat. Berbagai alternatif dan trik bisa dilakukan. Sehingga, lidah tak lagi menagih rasa pedas yang terancam raib.

 

 

 

Pewarta: Naviska Rahmadani
Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait