Beragam Aksi Kesenian Warnai Even Budaya APEKSI 2017 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Parade Budaya (Iqbal)
BERITA

Beragam Aksi Kesenian Warnai Even Budaya APEKSI 2017

Satuchannel.com, Kota Malang – Gelar pawai budaya yang menjadi salah satu rangkaian Acara APEKSI 2017 siang ini terlihat mulai digelar di sepanjang jalan Ijen Boulevard Kota Malang. Adapun, rombongan dari 98 wali kota di seluruh daerah di Indonesia satu persatu juga terlihat mulau berdatangan dan menempati panggung kehormatan yang berada di sepanjang Jalan semeru.

Sejumlah aksi dan dan kesenian sejumalah daerah dipamerkan pada even ini. Parade musik perkusi hingga pernak pernik busana unik terlihat menjadi pusat perhatian tamu undangan maupun objek foto bagi masyarakat yang datang.

Panggung kehormatan Parade budaya APEKSI (Iqbal)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyampaikan, ada sekitar 3.600 peserta yang ikut meramaikan pawai budaya tersebut. Jumlah peserta yang tidak sedikit itu berasal dari 54 kontingen berbagai daerah perwakilan delegasi Rakernas Apeksi.

Baca Juga :  Bulan Depan, Kota Malang Siap Implementasikan OSS-RBA

“Jadi semua daerah yang hadiri juga ikut andil mewakili rangkaian pawai budaya itu,” ungkapnya  pada awak media.

Ia menjelaskan, Untuk perwakikan dari Kota Malang sendiri, menurutnya ada sekitar 200 perwakilan yang datang. Mereka berasal dari kelurahan, duta budaya dan pariwisata, pegiat tradisi, dan pemenang putri kartini.

Parade budaya apeksi (Iqbal)

“Sekitar 175 penari siap untuk menampilkan performanya. Jumlah itu terbagi, tedapat 50 penari Topeng dan 117 penari Gumredah Malang Gemilang Nusantara,” pungkasnya.

Baca Juga :  PPDB SMA Jalur Prestasi Akademik Dibuka Semalam, Banyak Siswa Main Aman

Sementara itu, untuk rute yang dipake untuk pawai ini  akan dilewati adalah Jalan Ijen, tepatnya di depan Gereja Katedral menuju arah Jalan Semeru. Setelah itu, rombongan menuju garis finish yang tersebar di sekitar Stadion Gajayana.

Hingga berita ini diturunkan, masih terlihat sejumlah persiapan dan menunggu tamu peserta APEKSI yang berasala dari 98 daerah datang ke tempat acara.  Rencananya, Wali Kota Malang, dan sejumlah wali kota lain akan melakukan pembukaan secara simbolik even budaya ini. (Iqb)

Kanal Terkait