Bentuk Karakter Anak Gen Z, Dosen UI Kembangkan Game Gareng Petruk | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UI
Game Punakawan Z
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Bentuk Karakter Anak Gen Z, Dosen UI Kembangkan Game Gareng Petruk

SATUKANAL.com, NASIONAL– Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali berhasil meciptakan inovasi yang menarik. Kali ini, giliran Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) multidisiplin ilmu Universitas Indonesia yang mengembangkan Game Punakawan Z.

Game Punakawan Z merupakan sebuah game edukatif dan kreatif yang diperuntukkan bagi anak-anak generasi Z. Game ini mengemas  ulang cerita gareng Petruk sebagai upaya pembentukan karakter anak sesuai nilai pancasila dan budaya Indonesia yang disesuaikan dengan selera dan minat baca generasi Z. Generasi Z yaitu mereka yang lahir pada usia 1995-2010.

Sedangkan untuk tim tersebut terdiri dari atas dosen Fakultas Ilmu pengetahuan Budaya (FIB) dan fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) beserta enam orang mahasiswa. Dan diketuai oleh Ike Iswary Lawanda.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram

Selain game punakawan Z, tim pengmas ini juga membuat komik anak yang berjudul Punakawan Z: gareng Dan Petruk Berlaga.

Pembuatan game dan komik ini melibatkan 50 anak Sekolah dasar Negeri Pondok Cina 1 Depok, empat anak murid sekolah dasar swasta internasional beserta 11 guru kelas masing-masing.

“Pengembangan game melibatkan anak-anak untuk memberikan masukan sejak perencanaan cerita sampai kegiatan memainkan game selama tiga kali,” Ujar ke yang dilansir dari kompas.com

Game Punakawan Z adalah jalan pembentukan karakter yang sarat dengan pembelajaran dan penanaman karakter yang bersifat kreatif dan inovatif tanpa instruksi yang otoritatif.

Baca Juga :  ltmpt.ac.id, Cara Cek Kuota SNMPTN 2021

“Anak dapat memilih peran dan mengathui risiko atas pilihannya sendiri,” tambahnya.

Menurut Ike, tindakan manusia mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang terus berkembang sejalan dengan pembawaan manusia yang memiliki potensi kreatif dan inovatif.

Game Punakawan Z juga mengakomodasi tujuan kegiatan pengmas sekaligus memenuhi tuntutan manusia dalam mencari kesenangan dan jika tidak berhasil mencapainya manusia akan mencari sesuatu yang lain lagi.

Untuk kedepannya, ike menyampaikan bahwa anak-anak lebih kritis dalam berpikir. Melalui game tersebut, mereka juga dapat menjadi generasi Z yang dapat diandalkan.

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait