Bentengi Masyarakat dari Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kabupaten Kediri Lakukan Upaya-Upaya Ini | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bentengi Masyarakat dari Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kabupaten Kediri Lakukan Upaya-Upaya Ini
Foto : PLT Kepala Dinas Kesehatan, dr Bambang Triyono Putro
BERITA STRAIGHT NEWS

Bentengi Masyarakat dari Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kabupaten Kediri Lakukan Upaya-Upaya Ini

SATUKANAL, KEDIRI – Virus Peneumonia dari Wuhan Tiongkok atau yang biasa disebut Virus Corona, sepekan terakhir menjadi bahan perbincangan serius di dunia Internasional.

Seluruh dunia tengah berusaha membentengi diri agar negaranya tidak terpapar virus yang sangat mematikan tersebut.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr Bambang Triyono Putro kepada Satukanal.com menjelaskan, pihaknya mengimbau langsung seluruh rumah sakit umum dan swasta di Kabupaten Kediri agar melaporkan jika ada tanda-tanda virus tersebut.

“Rumah sakit pemerintah atau swasta sudah diimbau untuk melakukan surveylans secara ketat terhadap kunjungan kasus batuk dan demam yang disertai sesak nafas. Apalagi jika didukung dengan riwayat kunjungan ke Tiongkok,” ujarnya.

Bambang juga mengatakan, setiap RS yang menampung pasien terindikasi terkena virus corona diwajibkan melakukan isolasi, dan segera melapor ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Tak hanya rumah sakit saja, pemerintah juga mengimbau kepada puskesmas, puskesdes dan klinik kesehatan faskes 1 untuk melakukan tindakan pelaporan jika ada laporan terkait kasus tersebut.

“Sosialisasi lintas sektor terkait dan masyarakat tentang penyakit tersebut juga mulai kami galakkan,” katanya.

Bambang juga menyebut, upaya awal sementara untuk menghindarkan diri dari penyakit itu yakni dengan cara membiasakan hidup sehat mulai dari sekarang.

Menurutnya usaha kecil seperti mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dapat menghindarkan penularan penyakit tersebut.

“Selain cuci tangan, makan dengan pola sehat seperti makan sayur dan kebutuhan protein juga perlu sekali dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan kebal terhadap virus yang datang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat apabila mendapati gejala seperti demam, batuk disertai sesak nafas khususnya jika ada riwayat kunjungan ke kegara terkait 14 hari sebelum timbul gejala.

“Pemeriksaan akan penting membantu kita untuk upaya pendataan, pencegahan penyakit akibat Virus Corona,” pungkasnya.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Editor : Heryanto

    Kanal Terkait