Belum Tentukan Jumlah Kenaikan, Pansus Tak Ingin Gegabah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Belum Tentukan Jumlah Kenaikan, Pansus Tak Ingin Gegabah

Satuchannel.com, Kota Malang – Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Hak Keuangan dan Administratif Dewan mengaku tidak ingin gegabah dalam menggodok regulasi terkait adanya kenaikan jumlah tunjungan bagi dewan itu, Kamis (27/7). Anggota Pansus Bambang Sumarto, menegaskan banyak pertimbangan yang perlu dibahas dalam menyikapi kebijakan ini.

“Semua harus mengacu pada kemampuan daerah. Maka baik legislatif maupun eksekutif harus sama-sama intensif membahas detil,” ungkap pria yang menjabat Ketua Komisi C DPRD ini.

Selain itu, ia mengatakan bila kemampuan keuangan daerah itu juga atas sejumlah pengelompokan. Pengelompokkan itu dibagai menjadi rendah,sedang, dan tinggi. Untuk kota malang sendiri, masuk diantra sedang dan tinggi.

Bambang Sumarto saat ditemui awak media (Iqb)

Mekanisme seperti itu mengacu pada PP No 18 Tahun 2017. Selain itu, draf Permendagri yang mengatur pelaksanaan kebijakan ini juga menjadi perhatian.

“Kita belum tahu. Jadi layak tidaknya naik seberapa itu akan mengacu itu. Kita tak tahu kepastian seberapa naiknya karena menunggu peraturan menterinya. Karena belum turun kita belum tahu,” ujar Bambang Sumarto.

Pihaknya, menjelaskan bila kenaikan pendapatan bagi pimpinan maupun anggota dewan itu bukan pada aspek gaji pokok atau dalam bentuk tunjangan rumah, tapi dalam bentuk tunjangan lainya.

“Yang naik itu hanya dalam bentuk tunjangan transportasi, tunjangan reses, dan tunjangan komunikasi intensif. Kalau tunjangan operasional, ya itu melekat di ketua,” pungkasnya. (Iqb)

Kanal Terkait