SATUKANAL.COM
masker
Foto : AKBP Miko Indrayana
BERITA ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Beli Masker Via Medsos, Warga Kediri Ditipu Belasan Juta Rupiah

SATUKANAL, KEDIRI – Maraknya aksi borong masker karena adanya virus Corona atau Covid-19, oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab dimanfaatkan untuk menipu pembeli.

Seperti yang terjadi di Kediri, empat orang mengalami kerugian jutaan hingga belasan juta rupiah saat membeli masker pada pedagang online. Saat ini, kasus tersebut tengah ditangani Polresta Kediri.

Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana saat diwawancara Satukanal.com mengatakan, modus penipuan yang dilakukan oleh tersangka yakni dengan cara mengaku mempunyai stok masker yang banyak dan menjual masker via media sosial.

“Yang berpura-pura menjual ini menyampaikan bahwa memiliki jumlah masker yang cukup banyak. Kemudian calon konsumen mengirimkan uang kepada yang bersangkutan,” kata Miko, Rabu (11/3/2020).

Setelah ada yang memesan, pelaku kemudian melaporkan kepada korban bahwa maskernya tertahan di bandara dan diamankan bea cukai. Pelaku menyampaikan bahwa dia membutuhkan biaya tambahan.

“Kemudian yang bersangkutan minta kembali dikirim uang kepada si calon konsumen tadi. Sehingga rata-rata kerugian yang dialami oleh calon konsumen ini lebih kurang sekitar Rp 9-13 juta,” tuturnya.

Namun, meski telah ada korban, polisi hingga saat ini belum mendapatkan laporan secara resmi dari para korban.

“Laporan (aduan) secara lisan kepada kami ada empat laporan. Mereka mengalami kerugian yang sama dengan modus yang sama. Keempat korban ini masyarakat biasa, konsumen,” tutur Miko.

Lebih lanjut, meskipun belum ada laporan resmi kata Miko, Polresta telah membentuk tim penyelidik untuk menggali kasus tersebut agar tidak ada korban lain yang tertipu.

“Sat Reskrim (Polresta Kediri) sendiri telah melaksanakan kegiatan penyelidikan. Kami juga membentuk tim tersendiri untuk dapat mengungkap kasus tersebut,” pungkasnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait