Belajar Pengelolaan Sampah, Komisi C DPRD Kota Malang Kunjungi DLH Jakarta | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Belajar Pengelolaan Sampah, Komisi C DPRD Kota Malang Kunjungi DLH Jakarta

Satuchannel.com, Kota Malang – Komisi C DPRD Kota Malang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta. Di kunjungan hari pertamanya Senin (29/5) rombongan Komisi C melakukan diskusi di Kantor DLH Jakarta, di hari keduanya hari ini Selasa (30/5) berkesempatan melihat langsung pengelolaan sampah di command Center DLH.

Dipimpin Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto rombongan memantau pergerakan truk pengangkut salah dari TPS menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPS) Bantargebang.

Komisi C DPRD Kota Malang saat di DLH Jakarta (spesial for satuchannel)

Kepala DLH DKI Jakarta, Isnawa Adji menjelaskan detail pengelolaan sampah di DKI Jakarta, bukan hanya sekedar pengelolaan secara fisik tapi alat – alat yang menunjangnya, seperti SDM, truk pengangkut sampah, dan alat berat yang disiapkan.

Baca Juga :  Warga Protes Air Bau Minyak Tanah, Pihak PDAM Malang Sarankan Tak Gunakan Air

Dari sanalah, Bambang Sumarto menganggap DKI Jakarta dan Kota Malang berbeda, DKI Jakarta merupakan satu provinsi yang kompleks ibukota negara, sedangkan Kota Malang merupakan kotamadya. Meski demikian pengelolaan sampah yang dilakukan dapat dicontoh oleh Pemkot Malang, supaya pengelolaan sampah lebih maksimal.

Komisi C melihat command center DLH Jakarta (spesial for satuchannel)

“Proses pengelolaan sampahnya bisa dijadikan contoh diterapkan di Kota Malang.” ujar Bambang Sumarto kepada satuchannel.

Di kesempatan ini, ia juga mempertanyakan terkait optimalisasi retribusi dan proses yang dijalankan petugas di lapangan.

Baca Juga :  Satukanal.com Gelar Webinar Guna Persiapan Pilkada Desember 2020 Mendatang

Selain dua hari kunjungan di DKI Jakarta, Bambang mengakui banyak hal yang didapat dari rangkaian kunjungan kerja tersebut. Terpenting, Pemkot dan DPRD Kota Malang harus bersinergi untuk melakukan perubahan dalam pengelolaan sampah dan kebersihan.

“Itu semua untuk meningkatkan pelayanan publik dan mengoptimalkan semua lini untuk peningkatan PAD Kota Malang ke depannya.” jelasnya.

“Semua itu bagaimana untuk meningkatkan pelayanan publik serta optimalisasi di semua lini untuk meningkarkan PAD Kota Malang,” ungkapnya.

Kanal Terkait