Belajar Berkebun Sembari Berwisata di D'Embung Park Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Belajar Berkebun Sembari Berwisata di D'Embung Park Kabupaten Malang
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona Kanal Straight

Belajar Berkebun Sembari Berwisata di D’Embung Park Kabupaten Malang

Satukanal.com, Malang – Wisata edukasi D’Embung Park yang terletak di Dusun Jambu, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang ini, menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Malang yang menyuguhkan pesona keindahan dan keasrian alamnya.

Sejak awal masuk ke tempat wisata ini, pengunjung sudah disambut oleh berbagai macam kebun bunga dan di bagian belakang ada juga kolam ikan mujair dan nilla. Selain itu, ada pula ladang kebun mentimun, pepaya, dan gubis lengkap dengan aktivitas para petani yang sedang berladang di lokasi tersebut.

Selain menyuguhkan lokasi wisata yang masih asri, D’Embung Park juga menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk anak-anak karena dapat dipergunakan sebagai sarana berwisata sambil belajar mengenai tanaman dan sayur-sayuran.

Objek wisata ini juga dapat menjadi pilihan bagi masyarakat Malang khususnya untuk melepas penat dengan mengajak keluarga menghabiskan akhir pekan.

Tempat ini juga menjadi tempat edukasi bagi pelajar tingkat PAUD sampai tingkat lanjutan sebagai taman edukasi yang memperkenalkan tentang berbagai macam jenis tanaman sayur seperti terong, cabe, brokoli dan lain-lain.

Baca Juga :  ACC Gubernur, Safe House Kawi Aktif Kembali

D’Embung Park yang berada di lahan seluas 1, 2 ha ini. Pada tahun 2018 menjadi awal peresmian dan pembukaan yang dilakukan langsung oleh Bupati Malang. Pada awal peresmian, tempat wisata ini dahulunya bernama Embung Stanting.

Penamaan Embung Stanting dikarenakan pada waktu itu lokasi wisata ini hanya terdapat sebuah embung yakni tempat penampungan air hujan yang digunakan pada saat musim kemarau untuk tujuan irigasi dan air bersih.

Selain digunakan sebagai tempat penampungan air hujan, embung juga difungsikan sebagai kolam ikan yang mana ketika memasuki masa panen, ikan hasil panen akan dibagikan ke masyarakat setempat, khususnya bagi ibu hamil dan anak-anak sebagai program dari pemerintah desa mengatasi masalah Stunting.

Sedangkan pada tahun 2019 lalu, tempat wisata ini dikembangkan lagi sebagai tempat wisata sekaligus sebagai taman edukasi dan berubah nama menjadi D’Embung Park. D’Embung Park kini juga menyediakan berbagai pilihan wahana bermain anak.

Baca Juga :  Melegakan! Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Kota Malang Alami Peningkatan

Salah satu wahana bermain tersebut iseperti, kolam renang yang dilengkapi dengan persewaan baju renang dan juga ban. Lalu juga terdapat persewaan perahu karet, persewaan sepeda trail, sepeda charge, Anting-anting, kuda-kudaan, rumah balon, dan masih banyak lagi.

Lokasi wisata ini, sekarang juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti, kantin, musholla dan kamar mandi. Semua fasilitas bisa dimanfaatkan para pengunjung dengan harga yang terjangkau.

Dikarenakan, bagi para pengunjung yang ingin berwisata di D’Embung Park, hanya membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000 dan tiket masuk seikhlasnya. Dengan harga yang relatif terjangkau tersebut, pengunjung dapat menikmati kesegaran alam dan keindahan hamparan sayuran hijau dan warna-warni bunga.

Sebagai Informasi, Semua pembangunan wisata D’Embung Park, ini berasal dari Dana Desa dan proses pembangunan lokasi wisata ini pun juga dilakukan dengan melibatkan peran warga sekitar Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait