Bekas Pemandian Putri Ken Dedes, Wisata Air Terjun Coban Putri Destinasi Cocok Saat Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bekas Pemandian Putri Ken Dedes, Wisata Air Terjun Coban Putri Destinasi Cocok Saat Pandemi
STRAIGHT NEWS

Bekas Pemandian Putri Ken Dedes, Wisata Air Terjun Coban Putri Destinasi Cocok Saat Pandemi

Satukanal.com, BatuTernyata masih ada wisata air terjun yang tak banyak diketahui oleh banyak wisatawan. Ya, Coban Putri namanya.

Terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Lokasi Coban Putri juga dekat dengan Coban Rais, karena jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer.

Wisata air terjun Coban Putri ini memiliki ketinggian 35 meter dan lebar sekitar 3 meter. Di sini pengunjung dapat bermain air sepuasnya, terlebih tempatnya sangat menyejukkan dan alami. Coban Putri memiliki debit air yang tidak terlalu deras, sehingga pengunjung aman untuk mendekatinya.

Penamaan destinasi wisata ini ternyata masih berkaitan dengan cerita yang berkembang di masyarakat. Nama Coban Putri diambil karena pada zaman Kerajaan Singosari, karena air terjun tersebut sering disinggahi oleh Putri Ken Dedes, permaisuri Ken Arok raja Singosari.

Meskipun belum seterkenal Coban Rais, pengelola Coban Putri terus melakukan pengembangan. Salah satunya adalah melengkapi fasilitas foto yang Instagramable.

Baca Juga :  Jeruk Dekopan Asal Jepang yang Menjanjikan

Spot-spot cantik dan instagramable tersebut salah satunya adalah spot tangan dewa yang menjulur diatas jurang, ayunan hingga rumah pohon. Namun, Saat pandemi Covid-19 spot foto tangan dewa tersebut ditutup oleh petugas pengelola Coban Putri.

Selain itu, apabila dari kalian memiliki hobi berkemah, wisata Coban Putri ini sangatlah cocok, karena pihak pengelola telah menyediakan fasilitas Camping ground.

Tak perlu kawatir dengan harga, wisata Coban putri dapat anda nikmati dengan tarif yang sangat terjangkau. Tiket masuk hanya Rp 10 ribu dengan tiket parkir hanya Rp 5 ribu.

Apabila anda ingin berpetualang naik jeep, tiket perorang Rp 35 ribu atau jika ingin paket lengkap dengan petik jeruk dan Outbound perorang akan dikenai biaya Rp 200 ribu.

Rute off road jarak pendek keliling hutan dengan jarak kurang lebih 2 KM dengan panjang kurang lebih 9 kilometer.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Stabil, Komunitas Ikan Air Laut Meningkat

Sebelum dimanfaatkan untuk wisata, dahulu Coban Putri ini digunakan tempat mesum dan mabuk–mabukan. Namun dengan akses Jalan Lingkar Barat, pihak desa bersama Perhutani Malang mengembangkan wisata ini untuk kesejahteraan masyarakat lokal.

Dikembangkannya wisata Coba Putri juga melibatkan semua elemen desa, seperti Karang Taruna desa Tlekung. Dibangunnya spot–spot instagramable ini juga berasal dari swadaya dari masyarakat desa dan BUMDes.

Fasilitas di Coban Putri juga terbilang lengkap. Mulai dari tersedianya area parkir yang luas, toilet umum, gazebo, mushola serta beberapa warung-warung yang menjual makanan ataupun jajanan.

Jika anda mempunyai rencana untuk mendatangi Coban Putri baiknya jika berkunjung bersama dengan teman atau keluarga, tidak perlu membawa makanan atau minuman karena sudah tersedia warung-warung, serta bawalah baju ganti apabila ingin bermain air. Apakah Anda tertarik berlibur ke sini?

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait