Begini Tanggapan IDI Mojokerto Soal Hukuman Kebiri Kimia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ketua IDI Cabang Mojokerto (Alawi/satukanal)
Ketua IDI Cabang Mojokerto (Alawi/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Begini Tanggapan IDI Mojokerto Soal Hukuman Kebiri Kimia

Satukanal.com, Mojokerto – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mojokerto menilai, eksekusi atau hukuman kebiri kimia diharapkan sesuai dengan kode etik dan sumpah dokter.

“Kami bukan menolak, tapi masih menunggu aturan,” ungkap Ketua IDI Cabang Mojokerto, dr. Rasyid Salim saat ditemui satukanal.com di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022).

Rasyid menjelaskan meskipun telah ada PP nomor 70 tahun 2020 yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan tindakan kebiri kimia, pemasangan alat pendeteksi elektronik, rehabilitasi, dan pengumuman identitas pelaku kekerasan seksual terhadap anak menurutnya belum cukup untuk menggambarkan tata cara pelaksanaannya.

Baca Juga :  Kantor Imigrasi Blitar Deportasi 3 WNA Selama Tahun 2021

“Siapa nanti pelaksananya ? Kalau dokter, dokter apa? Berapa lama berlakunya obat tersebut? Apa ada pendampingan pasca tindakan? Itu belum disebut secara spesifik, ” ujar dr Rasyid.

Lebih lanjut Rasyid berharap, hukuman kebiri kimia sesuai dengan kode etik dan sumpah dokter. Dalam hal ini, profesi dokter untuk menyembuhkan dan merehabilitasi, bukan menyakiti.

“Pertimbangan lain dari sisi kompeten, apakah memasukkan kebiri kimia itu tidak membawa dampak pada organ lain. Lebih banyak mana manfaat apa mudhorotnya,” tukasnya.

Baca Juga :  Begal di Jombang Diringkus Polisi, Usai Tebas Punggung Korban

 

Pewarta: Alawi
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait