Begini Cara Cek Seleksi Tahap I PPPK Guru 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
173.329 Peserta Lulus Seleksi Tahap I PPPK Guru 2021, Cek Gurupppk.kemdikbud.go.id
Pengumuman PPPK guru 2021 (Foto: Channel Youtube Kemendikbud RI)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Begini Cara Cek Seleksi Tahap I PPPK Guru 2021

Satukanal.com, Nasional – Pengumuman peserta yang lolos ASN PPPK Guru 2021 tahap 1 bisa dilihat di gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1

Tahun ini sebanyak 173.329 guru honorer lolos seleksi ASN PPPK Guru 2021 tahap pertama. Jumlah ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada siaran virtual Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru ASN PPPK, Jumat (08/10/2021).

“Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat juga akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar Indonesia,” terang Nadiem.

Menurut Nadiem, pemerintah pusat sebelumnya telah menyediakan sebanyak 1.002.616 formasi guru ASN PPPK. Kemudian, jumlah yang diajukan oleh pemerintah daerah adalah 506.252 formasi.

Baca Juga :  Benda Mencurigakan Diduga Narkoba Dilempar ke LP Blitar

“Jumlah sekitar 500 ribu formasi guru ASN PPPK ini bisa dikatakan rekor tertinggi sejak beberapa tahun terakhir, sehingga hal ini perlu kita syukuri dan rayakan bersama,” kata Nadiem.

Seperti yang telah diketahui, pada seleksi ini pemerintah juga telah menetapkan sejumlah kebijakan afirmasi. Kebijakan afirmasi yaitu tambahan nilai dari nilai maksimal kompetensi teknis. Untuk peserta yang memiliki sertifikatpendidi, diberikan tambahan afirmasi 100%.

Lalu, untuk usia di atas 35 tahun diberi tambahan afirmasi 15%, penyandang disabilitas mendapat tambahan 10%, dan untuk guru honorer THK-II memperoleh tambahan afirmasi 10%.

Baca Juga :  Suhu Udara Terasa Makin Panas, Ternyata Ini Penyebabnya

Selain itu, terdapat sejumlah penyesuaian dalam nilai ambang batas. Di antaranya, untuk usia peserta seleksi di atas 50 tahun mendapatkan 100% dari nilai maksimal kompetensi teknis dan 10% dari nilai maksimal aspek manajerial-sosiokultural serta wawancara. Kemudian, bagi seluruh peserta yang usianya di bawah 50 tahun akan mendapatkan 10% dari nilai maksimal kompetensi teknis dan 10% dari nilai maksimal manajerial-sosiokultural serta wawancara.

Sebagai informasi, dengan jumlah 173.329 peserta yang lulus seleksi ini, maka artinya adalah 53,7% formasi guru telah terisi dari 322.663 formasi yang dilamar pada seleksi ASN PPPK Guru 2021 tahap pertama.

 

Pewarta : Adinda 

Editor: Ubaidhillah

 

 

Kanal Terkait