Bedah UU ITE, Kominfo Adakan Diskusi Publik Media Sosial Internet Di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Bedah UU ITE, Kominfo Adakan Diskusi Publik Media Sosial Internet Di Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Diskusi publik yang diadakan Kementerian Informatika dan Komunikasi (Kemenkominfo) Sambangi Kota Malang, setelah sebelumnya diadakan di Makasar, Lombok, dan Semarang. Acara yang dilaksanakan, Senin (24/7) di Ngalup.co, mengusung tema ‘Media sosial Internet dan pelanggaran hukum di dunia siber pasca revisi UU ITE’.

Acara ini digelar dalam rangka membahas apa saja perubahan yang dilakukan, bagaimana dampaknya terhadap masyarakat, terhadap bagaimana sistem penegakan hukum terkait UU ITE.

Baca Juga :  Oksigen di Malang Mulai Langka, Pemprov Jatim Bakal Beri Bantuan
Septriana Tangkary perwakilan Kemenkominfo (Aris)

Acara ini diisi materi oleh beberapa narasumber, dari Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Informatika dan Komunikasi (Infokom), Septriana Tangkary, Kepala Subdit Penyidikan dan Pemidanaan Direktorat Keamanan Informasi Kemkominfo, Teguh Arifiyadi, Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Heru Dwi Purnomo, dan Donny BU dari NGO ICT Watch.

“Tidak semua dunia nyata berbeda dengan dunia internet, namun kejelekan dunia nyata sama dengan dunia cyber,” jelas Septriana Tangkary.

Sementara itu, Kepala Subdit Penyidikan dan Pemidanaan Kemenkominfo, Teguh Arifiyadi isu hoax paling banyak dibicarakan yakni 91,8% sospol, 88,6% SARA, dan kesehatan 41,2 %.

Baca Juga :  Masih Banyak Aduan, Ini jawaban Kadisdik Soal PPDB 2021
Teguh Arifiyadi Direktorat Keamanan Informasi Kemenkominfo (Aris)

“Isu lainnya yang dibahas hoax, makanan minuman 32,6%, penipuan keuangan 24,5%, IPTEK 23,7%, berita duka 18,8%, candaan 17,6%, bencana alam 10,3%, dan lalu lintas 4%,” ungkap Teguh.

Selain itu, Eksekutif Direktur ICT Watch, Donny BU menekankan perlu adanya proteksi diri dari masing – masing individu terkait etika berselancar di dunia maya. (Aris)

Kanal Terkait