Batik Khas Batu Rambah Pasar Internasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Batik Khas Batu Rambah Pasar Internasional
Batik Banteng (Foto: Anjani Sekar Arum/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Batik Khas Batu Rambah Pasar Internasional

Satukanal.com, Batu Warga Kota Batu harus bangga karena ada batik khas daerah yang sudah mulai mendunia. Ialah batik banteng yang desainnya diciptakan pertama kali oleh Anjani Sekar Arum di Sanggar Batik Banteng, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Batu.

“Karna sebelumnya sudah ada batik dengan motif apel. Saya ingin sesuatu yang berbeda dan mungkin bisa jadi ciri khas Kota Batu, akhirnya pilih banteng,” ucap wanita yang sekaligus menjabat sebagai Owner Sanggar Batik Banteng tersebut, Kamis (1/7/2021). Selain itu, Kota Batu yang terkenal akan kesenian bantengannya menjadi alasan lain.

Sanggar produksi batik ini telah berdiri sejak tahun 2014 dan kini sudah memiliki 19 karyawan. Pemasaran batik kebanggaan lokal ini sudah mencapai pasar internasional meliputi German, Taiwan dan Hongkong. Sementara penjualan terbesar di seluruh Indonesia adalah Jakarta.

Baca Juga :  Pemkot Batu Berikan Bantuan Beras 1.977 KK

Batik yang diproduksi adalah batik tulis dan cap. Batik tulis memakan waktu mulai dari satu minggu hingga tiga bulan tergantung teknik pembuatannya. Tingkat kesulitan motif juga sangat berpengaruh pada proses.

Sedangkan batik cap hanya membutuhkan waktu tiga hari. Selain itu, sepatu dan tas dengan motif batik banteng juga dibuat disini. Tidak dipungkiri, pandemi juga berdampak pada usaha yang didirikan wanita 22 tahun tersebut.

Baca Juga :  Masjid Agung Kota Batu Tiadakan Sholat Ied

“Ada pemasukan tapi untuk kebutuhan masih belum cukup. Kami siasati dengan cara pengurangan produksi, kalau ada pesanan baru semua dikerahkan,” paparnya.

Perempuan kelahiran Batu ini menyebutkan, sebelum pandemi omset yang diterima mencapai Rp. 40 hingga 50 juta per bulan. Kini pemasukan itu turun sampai 80 persen.

Harga kerajinan dengan ciri khas motif bantengnya itu beragam, dari kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 12 juta untuk batik tulis. Sedangkan batik cap dibanderol mulai Rp 150 sampai 300 ribu.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait