Banyak Perusahaan Tak Buka Lowongan, Pelamar Kerja Menurun 50 Persen di Disnaker Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Banyak Perusahaan Tak Buka Lowongan, Pelamar Kerja Menurun 50 Persen di Disnaker Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT

Banyak Perusahaan Tak Buka Lowongan, Pelamar Kerja Menurun 50 Persen di Disnaker Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI– Masa pandemi covid-19, banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan pekerjaan. Perihal tersebut dapat dilihat dari penurunan permintaan Surat AK1 (Surat Kuning) para pelamar kerja, mencapai 50 persen.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri, Rina Indra Astuti mengungkapkan Surat AK1 wajib dimiliki para pencari kerja untuk memenuhi dokumen persyaratan melamar bekerja di sebuah perusahaan. Dan saat ini, data pelamar kerja di kantor Disnaker Kabupaten Kediri mengalami penurunan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Pandemi, Jumlah Pekerja Migran Di Kediri Turun 50 Persen
Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri, Rina Indra Astuti

“Perbandingan sebelum pandemi menurun 50 persen. Sebab juga pengaruh banyak perusahaan tidak buka lowongan di masa pandemi,” ungkap Rina kepada satukanal.com, Rabu 21 April 2021.

Selain itu disebutkan juga, masih belum banyak kelulusan instansi sekolah atau Perguruan tinggi. Dan ini dikhawatirkan adanya ledakan pengangguran yang terjadi kepada para pelamar kerja.

Untuk membantu para pelamar kerja, pihaknya juga akan mengupayakan membuka job fair secara semi online di tahun ini. Sebab pada tahun kemarin, untuk job fair ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Harga Ayam Broiler Melonjak 40 Ribu di Bulan Ramadan

“Terkait pelamar kerja kita adakan job fair, tahun kemarin mau melaksanakan tidak boleh, sama Gugus Tugas Covid-19,” terangnya.

Dijelaskan saat itu, pihaknya belum siap dalam penyelenggaraan job fair bagi pelamar kerja. Ada wacana untuk job fair secara online, namun beberapa perusahaan tidak setuju terkait persyaratan data pelamar kerja.

“Perusahaan akan kita coba semi online, sangat mungkin. Tahun ini kita laksanakan job fair, secara semi online,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait