Banyak Pembangunan Fisik, Angka Serapan Anggaran Dishub Masih Jauh Dari target | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kepala Dinas Perhubungan, Kusnadi Kota Malang (Iqbal)
BERITA

Banyak Pembangunan Fisik, Angka Serapan Anggaran Dishub Masih Jauh Dari target

Satuchannel.com, Kota Malang Р Target serapan anggaran sebanyak 50 persen yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang, sampai saat ini dinilai belum berjalan maksimal. Pasalnya, hingga pada tri semester kedua tahun 2017 ini anggaran yang terserap hanya 18,10 persen.

Pembangunan fisik yang tengah dilakukan menjadi alasan utama mengapa hal itu terjadi. Melalui Kusnadi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang diketahui pembangunan itu berupa bangunan Uji Kir, Kantor Dishub, hingga rehab dua terminal yaitu terminal Madyopuro dan Landung Sari.

“Kendalanya karena memang masih diproses di ULP,” ujarnya saat ditemui wartawan hari ini di Gedung DPRD Kota Malang.

Baca Juga :  Gelar Acara Bimtek Musrenbang, Wakil Wali Kota Malang : Kinerja Laskar Perencana Harus Optimal

Kusnadi melanjutkan, sampai sekarang pendapatan dari Dishub sendiri, telah mencapai angka 33,70 persen atau senilai Rp 3,7 Milyar dari yang ditargetkan memperoleh Rp 11 Milyar. Adapun Pendapatan tersebut diperoleh dari terminal, parkir, dan pengujian kendaraan bermotor (PKB).

Kusnadi juga mengurai, pendapatan tertinggi diperoleh dari PKB, sebesar Rp 1 Miliyar dari target Rp 2,5 Milyar, atau 41,8 persen. Kemudian retribusi parkir terealisasi Rp 2,6 Milyar dari target Rp 7,1 Miliar, atau 37 persen. Terakhir retribusi terminal telah menyentuh Rp 24 juta dari target Rp 1,4 Miliar atau 1,7 persen.

Baca Juga :  Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak

“Karena pendapatan kan prosesnya masih sampai bulan Desember nanti dan saat ini masih dalam progres,” jelas Kusnadi.

Sementara ketika ditanya terkait kemungkinan akan ada kenaikan target pendapatan, menurutnya sangat mungkin. Pasalnya, untuk PKB saja, per bulan jumlah kendaraan atau mobil baru saja selalu bertambah. Maka dapat disimpulkan hal itu akan menambah pendapatan. Begitu juga dengan retribusi parkir, yang saat ini jumlah lahan parkir juga tengah bertambah.

Namun demikian dalam hal ini, jumlah nominalnya, ia menambahkan masih belum dapat memastikan berapa besaranya.(iqb)

Kanal Terkait