Banyak Jalan Rusak, Dewan Sarankan Pemkot Malang Pasang Aspal Karet - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Banyak Jalan Rusak, Dewan Sarankan Pemkot Malang Pasang Aspal Karet

Banyaknya jalan rusak membuat DPRD Kota Malang angkat bicara. Dewan menyarankan Pemerintah Kota Malang memasang aspal karet. Hal itu dinilai lebih efektif dan dapat membuat kualitas aspal lebih baik sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah pusat belum lama ini.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Dito Arief mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merekomendasikan pemanfaatan aspal karet tersebut. Selain itu, sejak akhir tahun lalu, aspal karet juga sudah diuji di beberapa daerah. “Ini memang baru direkomendasikan Kementerian PUPR sejak akhir tahun lalu,” terangnya pada wartawan belum lama ini.

Baca Juga :  Pemkot Malang Pastikan Tes SKD CPNS Tetap Berjalan Lancar

Menurut dia, dibanding dengan aspal yang kini dimanfaatkan, aspal karet dinilai memiliki kualitas yang lebih mumpuni. Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menanggulangi aspal berlubang yang kini menjadi permasalahan tersendiri di Kota Malang.

Lebih jauh politisi PAN itu menyampaikan jika aspal karet akan membutuhkan biaya lebih besar. Meski begitu, ia tetap mendorong agar Pemkot Malang melakukan uji coba pemanfaatan aspal karet tersebut di beberapa ruas jalan sehingga dapat diketahui ketahanan aspal itu sendiri.

Baca Juga :  Harga Melambung, Tomat Jadi Komoditas Penyumbang Angka Inflasi Kota Malang

“Memang mahal, tapi ada baiknya dicoba dulu untuk mengetahui kualitasnya apakah cocok. Karena jalan di Malang yang semestinya bisa tahan tiga tahun nyatanya setahun sudah bolong,” urai Dito.

Aspal karet ini sendiri merupakan salah satu inovasi baru yang dibuat untuk meningkatkan kualitas jalanan. Proses pembuatannya pun tak mudah karena bahan lateks atau karet padat tersebut tidak dapat langsung dicampurkan, melainkan harus melalui proses prapencampuran sehingga mudah dicampur dengan aspal mixing plan.

Kanal Terkait