Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud Cair 4 Hari Lagi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud Cair 4 Hari Lagi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud Cair 4 Hari Lagi

SATUKANAL.com, NASIONAL– Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud untuk bulan November dan Desember akan segera cair. Khusus untuk bulan november, kuota gratis kemendikbud akan disalurkan sebanyak dua kali melalui provider Telkomsel. Tahap pertama yaitu pada tanggal 22 hingga 24 november 2020. Tahap kedua akan dialkuka ada tanggal 28 hingga 30 november 2020.

Kuota gratis kemendikbud disalurkan untuk memperlancar Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) selama pandemi covid-19. Setiap  penerima bantuan ssubsidi kuota gratis Kemendikbud hanya dapat menerima bantuan kuota gratis pada satu nomor ponsel setiap bulan.

Untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS yang berada di bawah naungan Kemendikbud harus mengunggah Surat Pernyataan tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Sedangkan batas unggah SPTMJ tahap 1 jatuh pada hari Jumat 20 November 2020 serta tahap II jjatuh pada hari kamis 26 November 2020.

Bantuan kuota gratis ini terdiri dari dua jenis yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman aplikasi. Sedangkan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Baca Juga :  Mahasiswa Unair Ciptakan Hand Sanitizer Dari Limbah Nasi

Bantuan kuota untuk November dan Desember akan berlaku selama 75 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Perpanjangan masa aktif kuota internet gratis dari Kemendikbud tersebut dikarenakan di bulan Desember tidak ada penyaluran kuota gratis dari Kemendikbud. Dengan kata lain kuota internet ggratis dari Kemendikbud yang seharusnya diberkan dua kali dirangkap menjadi sekali dengan penambhan masa aktif.

Melansir dari instagram resmi Ditjen Dikti, Selasa (17/11/2020) menyebutkan bahwa bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat (November san Desember) akan dikirim secara bersamaan di bulan November ini.

Terkait rincian kuota gratis kemendikbud yang akan diterima anatara lain jenjang PAUD akan mendapatkan kuota gratis sebesar 20GB/bulan dengan kuota utama sebesar 5 GB dan kuota belajar sebesar 15 GB/bulan.

Baca Juga :  Tahun 2021 Kemendikbud Naikkan Anggaran Perguran Tinggi Sebesar 70%

Para pelajar akan mendapatkan kuota gratis sebesar 35 GB/bulan dengan kuota utama sebesar 5 GB/ulan dan kuota belajar sebesar 30 GB/bulan. Untuk Guru mendapatkan kuta gratis sebesar 42 GB/bulan dengan kuota utama sebesar 5 GB/bulan dan kuota beljara sebesar 37 GB/bulan.

Lalu, mahasiswa dan dosen mendapatkan kuota gratis sebesar 50 GB/bulan dengan kuota utama sebesar 5 GB/bulan dan kuta belajar sebesar 45 GB/bulan.

Sementara itu, untuk melakukan pengecekan kuota gratis Kemendikbud melalui kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Download aplikasi My Telkomsel melalui Google Play Store
  2. Pilih menu ‘My Quota’
  3. Pilih menu ‘Internet,’ bila bantuan kuota internet gratis cair, otomatis kuota internet lokal dan intenet bertambah.
  4. Pilih menu ‘Multimedia,’ bila bantuan kuota internet gratis cair, otomatis muncul menu ‘Kuota Belajar’ atau ‘Kuota Belajar Kemendikbud.

 

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait