Bansos Tunai alias BLT Rp 300 Ribu Cair, Cek Data di dtks.kemensos.go.id - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bansos Tunai alias BLT Rp 300 Ribu Cair, Cek Data di dtks.kemensos.go.id
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight Kanal Viral

Bansos Tunai alias BLT Rp 300 Ribu Cair, Cek Data di dtks.kemensos.go.id

SATUKANAL.com, NASIONAL – Kabar gembira masyarakat penerima BLT 2021 ini, dapat melakukan pengecekan dana bansos di dtks.kemensos.go.id. Pasa Senin (04/01/2021) dana bantuan sosial (bansos) atau alias Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah cair sebesar Rp. 300 ribu.

Besaran bansos akan di salurkan sebesar Rp. 300 ribu per bulannya. Penyaluran dana bansos tunai ini, bersamaan dengan penyaluran bansos lain yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dikutip pada laman Kompas.com, Asep Sasa Purnama selaku Direktur Jenderal Penanganan Fakis Miskin (PFM) Kementerian Sosial menyampaikan bahwa, “Acara Penyaluran Bansos 2021 oleh Bapak Presiden tanggal 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana Presiden, Saat ini kami tengah persiapan untuk acara tersebut,” Ujarnya.

Baca Juga :  Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia: Restoration, Land, Recovery!

Pada penyaluran dana bansos 2021 ini, nantinya ada tiga jenis bansos yang akan disalurkan, salah satunya  bansos tunai Rp 300 ribu. Rencananya, bansos tunai Rp 300 ribu ini akan diberikan selama 4 bulan berturut-turut yakni di bulan Januari hingga April.

Masyarakat penerima bansos tunai Rp 300 ribu dikhususkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum menerima bansos. Penyaluran dana bansos juga akan diberikan pada keluarga anggota PKH yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan apakah masuk dalam penerima bansos atau tidak, dapat membuka di website resmi milik Kemensos yakni dtks.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan,

  1. Login atau masuk ke website dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID Kepesertaan DTKS
  3. Ketik nomor kepesertaan ID dalam DTKS
  4. Masukkan nama sesuai ID
  5. Klik cari untuk menyesuaikan ID
  6. Jika nama terdapat dalam database, keterangan yang muncul “anda sebagai penerima”.
  7. Jika nama tidak ada dalam database, situs DTKS akan memberi keterangan, “Data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan Nama..!”
Baca Juga :  Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya

Proses pencairan dana bansos tunai dapat dilakukan dengan sejumlah cara seperti, dapat melalui ATM, kantor cabang, atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki peserta melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait