Bakesbangpol Kota Malang Bekali Pendidikan Politik bagi Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pendidikan Politik yang digelar Bakesbangpol Kota Malang. Sasaran pesertanya Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat. (foto: Lutfia Indah/satukanal.com)
ADV

Bakesbangpol Kota Malang Bekali Pendidikan Politik bagi Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat

Satukanal.com, Malang  Bakesbangpol Pemkot Malang menggelar pendidikan politik, etika budaya politik dan peningkatan demokrasi bagi kelompok masyarakat kota Malang di Aula Pertemuan Bakesbangpol pada Kamis (11/10/2021). Acara yang ditujukan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat ini merupakan rangkaian kedua. Sebelumnya kegiatan ini telah ditujukan kepada kader partai di kecamatan dan kelurahan. Untuk rangkaian terakhir akan diselenggarakan pada hari Selasa kepada pemilih pemula yakni para pelajar.

Baca Juga :  Pohon Tumbang Timpa Warkop di Mojokerto, Tiga Orang Meninggal Dunia

Fadillah Putra, akademisi FIA UB selaku pembicara mengungkapkan, bahwa dalam pengambilan kebijakan, harus melewati beberapa proses di antaranya agenda setting, policy analysis, policy instrument, consultation, coordination, decision, implementation dan evaluation.

“Sayangnya pemangku kebijakan banyak yang seperti Bandung Bondowoso, meloncat dari agenda setting langsung ke implementasi,” ungkap Fadillah Putra.

Padahal implementasi adalah sebuah perjalanan yang panjang dan harus melewati tikungan tajam. Hal inilah yang dinamakan dengan policy dilemma, di mana pada satu sisi kebijakan yang dirancang harus dengan cepat diterapkan namun di sisi lain berjalan dengan efektif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Baca Juga :  Bayi Dalam Tas di Toko Besi Baru Dilahirkan

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan supaya masyarakat dapat berpartisipasi, mendukung dan menggunakan haknya pada pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang. Selain itu dalam kegiatan ini juga terdapat sosialisasi mengenai proses pengambilan kebijakan yang ideal dalam mekanisme birokrasi. (Adv)

Kanal Terkait