Bahas Komoditas Pangan Jelang Ramadhan, KPPU Gelar Forum Pertemuan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Bahas Komoditas Pangan Jelang Ramadhan, KPPU Gelar Forum Pertemuan

Satuchannel.com, Kota Malang – Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Surabaya hari menggelar Dialog dalam Forum Jurnalis dengan tajuk ‘Peran KPPU dalam stabilitas Harga Komoditas Pangan Jelang Ramadhan dan Lebaran 2017, Jum’at (12/5). Acara diselenggarakan di Resto Javanine Jalan Pahlawan Trip, Kota Malang, forum itu membahas mengenai pontensi dan permasalah dari harga sejumlah Komoditas Pangan di Bulan Ramadhan mendatang.

Hadir dalam kesempatan itu Aru Amandi selaku kepala KPPU KPD, dirinya memaparkan terkait isu pangan di sejumlah daerah di Indonesia yaitu Jawa Timur, Bali, NTB, NTT. Terkait persoalan cabe, pihaknya telah menemukan enam pihak yang dduga melakukan praktek karel cabe dan telah diamankan.

“Hal itu diketahui dari survei yang dilakukan pada sebelas komuditas pangan strategis,” terang Aru.
Di ritel modern, KPPU juga telah memetakan harga bawang putih untuk kebutuhan pasar. Selain itu, KPPU juga memetakan para pelaku industri importir bawang putih agar tidak menjual harga lebih tinggi dari produksi lokal.

“Setiap ada info kenaikan harga tinggi, kita, KPPU langsung cari tahu sebabnya. Kalau dari hulu tidak ada masalah. Kita atur di distribusi. Kita tanggung subsidi transportasi yang ditanggung oleh pemerintah buat distribusi,” tutur pria yang juga Mantan Investigator Utama KPPU Pusat ini.

Aru juga menyampaikan, dalam komoditas bawang ini pemerintah telah menyiapkan sekitar 1000 ton bawang putih untuk menjawab kebutuhan di pasaran. (Iqb)

Kanal Terkait