Bagi Calon Mahasiswa, Ini Rekomendasi Beasiswa S1 dan S2 yang Bisa Kamu Coba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal, Berminat?
Ilustrasi pembelajaran di sebuah perguruan tinggi (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Bagi Calon Mahasiswa, Ini Rekomendasi Beasiswa S1 dan S2 yang Bisa Kamu Coba

Satukanal.com, Nasional – Biaya seringkali menjadi penghalang bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun kini jangan kawatir. Sebab ada sejumlah beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia setiap tahun, mulai dari jenjang S1, S2 maupun S3.

Selain menggratiskan biaya kuliah, beasiswa-beasiswa tersebut juga bakal memberikan bantuan biaya hidup selama menjalani perkuliahan di dalam maupun luar negeri sesuai dengan jenis dan kebijakan beasiswa. Bagi para mahasiswa yang berminat. Ini dia deretan beasiswa dari pemerintah.

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Dilansir dari laman Kemendikbud, KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Jika berminat, berikut persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2021, diantarannya:

  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya,
  2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah,
  3. lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan :

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Baca Juga :  Gagal Isi Token Listrik? Ini Solusi dari PLN

Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Namun harus dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa ini ditujukan bagi siapapun masyarakat Indonesia yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau nonakademik, baik di tingkat internasional dan/atau nasional. Beasiswa juga diberikan bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai kontribusi kepada Indonesia di segala bidang.

Beasiswa ini terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral.

Beasiswa ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Baca Juga :  Akhirnya!!! Aturan Perjalanan Jarak Jauh Wajib Menggunakan PCR Dicabut

3. Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Beasiswa LPDP terdiri atas berbagai program dan dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Beasiswa Afirmasi
    1. Beasiswa Daerah Afirmasi.
    2. Beasiswa Indonesia Timur
    3. Beasiswa Penyandang Disabilitas
    4. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
    5. Beasiswa Alumni Bidikmisi.
    6. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
    7. Beasiswa Prestasi Seni Internasional
    8. Beasiswa Santri
  2. Beasiswa Targeted Group
    1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI.
    2. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik
    3. Beasiswa Olimpiade Internasional.
  3. Beasiswa Umum
    1. Beasiswa Reguler
    2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
    3. Beasiswa Dokter Spesialis
    4. Beasiswa Disertasi

Beasiswa LPDP terpopuler adalah Beasiswa Reguler yang menyasar kalangan lebih umum. Persyaratan umum untuk mendapatkan Beasiswa Reguler LPDP antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister serta program magister (S2) untuk beasiswa doktor.

Ketiga rekomendasi beasiswa dari pemerintah tersebut dapat kamu coba. Jika ingin lolos, kamu harus memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Apabila kamu terkendala biaya, maka dengan adanya beasiswa tersebut dapat membantu meringankan biaya selama perkuliahan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait