Badan Kepegawaian Negara Menyatakan Kesiapan Pembukaan CPNS 2021 Dimasa Pandemi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Badan Kepegawaian Negara Menyatakan Kesiapan Pembukaan CPNS 2021 Dimasa Pandemi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Badan Kepegawaian Negara Menyatakan Kesiapan Pembukaan CPNS 2021 Dimasa Pandemi

SATUKANAL.com, NASIONALBadan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan akan kembali membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021, pelaksanaan CPNS yang dilakukan dimasa pandemi ini tetap akan di langsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, “Proses perekrutannya kemungkinan bakal mengadopsi pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada CPNS 2019 kali ini.”

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB), Andi Rahadian, pun membenarkan informasi tersebut. “Betul, Insyaallah akan ada pengadaan CPNS formasi tahun 2021,” kata Andi saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Pendaftaran CPNS yang tidak dilangsungkan pada tahun 2020, nantinya CPNS 2021 akan membuka formasi lebih banyak dibandingkan pada tahun 2019. Seperti diketahui, para peserta CPNS tahun 2019 dapat memilih sendiri titik lokasi untuk melakukan tahap ujian SKB. Para peserta juga diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri sebelum pelaksanaan tes dimulai. Hal tersebut guna mengantisipasi adanya penyebaran pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Universitas Padjajaran Jadi kampus Terbaik Dalam Menghasilkan Artikel Ilmiah Umum dan Kesehatan

“Saya kira model tes pada SKB ini bisa jadi acuan. Misalnya peserta bisa memilih lokasi tes serta penerapan protokol kesehatan,” kata Paryono kepada Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

Proses penerimaan/pengadaan CPNS dan PPPK untuk formasi 2021 masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya. Formasi yang akan dibuka nantinya ada tiga jenis yang dipioritaskan yakni, Tenaga kesehatan, Tenaga pengajar (guru dan dosen) ,Tenaga penyuluh.

Hingga saat ini belum ada informasi detail prihal syarat khusus pendaftaran CPNS 2021, adapun syarat-syarat umum pendaftaran CPNS yang dapat disiapkan seperti :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun,
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai Swasta Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  7. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00.
  8. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
Baca Juga :  #SaveKomodo Tuai Keprihatinan Warganet

Selain harus memenuhi persyaratan umum tersebut, ada beberapa berkas dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk melakukan pendaftaran yaitu, Scan KTP asli, Pas foto, Swafoto, Ijazah, Transkrip nilai asli, Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait