Awas! Nekat Mudik Akan Kena Tilang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Awas! Nekat Mudik Akan Kena Tilang
BERITA HIGHLIGHT

Awas! Nekat Mudik Akan Kena Tilang

Satukanal.com, NasionalPolisi tak segan-segan melakukan penindakan bagi masyarakat yang nekat mudik akan kena tilang. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Hal tersebut sejalan dengan larangan mudik pada 6 – 17 Mei 2021 mendatang. Aturan mengenai larangan mudik tahun ini juga sudah diikuti oleh jajaran Polri yang telah melakukan berbagai persiapan agar aturan tersebut berjalan dengan maksimal.

Aturan larangan mudik tahun ini, Kombes Sambodo menyebut pemudik nakal tak cuma diputar balik melainkan bisa ditilang. “Akan kita putar balikan, kecuali untuk pelanggaran-pelanggaran yang memang ada pasalnya, pelanggaran lalin,” ujarnya.

Terkait dengan pelanggaran lalu lintas yang berpotensi ditilang salah satunya travel gelap. Sebab, jasa travel untuk mudik tentunya tidak diizinkan.

Baca Juga :  Larangan Mudik Penerbangan Terbatas Masih Bisa Dilakukan, Simak Syaratnya!

“Travel gelap itu kan ada pelanggarannya, kemudian truk digunakan untuk mengangkut orang, nah itu kan ada pasal pelanggarannya. Nah pasal-pasal seperti itu tentu kita tindak, tetapi kalau hanya masalah orang mudik dan sebagainya itu hanya kita putar balik,” jelasnya.

Sementara itu, untuk masyarakat yang mencuri start mudik sebelum tanggal 6 Mei harus mengikuti aturan pemerintah sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19. “Perjalanan itu harus tetap mengikuti aturan-aturan yang sudah berlaku, seperti pembelian tiket harus ada swab antigen, PCR, GeNose, dan sebagainya,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menambahkan, pihaknya telah menyiapkan antisipasi bagi warga yang mencuri start mudik. Selain penindakan, upaya pencegahan dengan mengetatkan pengawasan di jalur-jalur tikus akan ditingkatkan.

Baca Juga :  Meski Tak Tutup Objek Wisata, Imbau Prioritaskan Prokes

“Kami akan menindak tegas ke mana pun lobang-lobang tikus yang coba dimasuki akan kita tindak tegas. Ini harus dipahami betul untuk para orang-orang yang mencoba berspekulasi menggunakan truk-truk dan travel gelap,” ungkapnya.

Polda Metro Jaya juga menggelar Operasi Keselamatan Jaya mulai 12-25 April 2021. Dalam operasi tersebut petugas berfokus melakukan sosialisasi larangan mudik kepada warga dan mengetatkan pengawasan kepada pelanggaran protokol kesehatan.

Seperti diketahui, larangan mudik oleh pemerintah pada tahun ini diterapkan kembali lantaran masih dalam suasana pandemi virus Covid-19. Larangan mudik juga bertujuan agar penyebaran virus Covid-19 tidak mengalami peningkatan lagi.

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait