Awas! Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Mudah Lelah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Awas! Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Mudah Lelah
Ilustrasi seseorang kelelahan (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Awas! Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Mudah Lelah

Satukanal.com, Nasional – Tubuh kalian sering merasa lelah walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat? Beberapa kebiasaan bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Kebiasaan hidup juga memainkan peran utama dalam meningkatkan energi. Bahkan, diet serta gaya hidup yang tidak tepat bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhmu.

Nah, apabila kalian merasakan kondisi tersebut, berikut adalah beberapa kebiasaan yang seringkali membuat tubuh terasa lelah seharian. Simak berikut ini.

1. Tubuh Kurang Cairan atau Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu keadaan saat tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari yang dikonsumsi. Jika dalam sehari kalian mengkonsumsi sedikit air, maka hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh dehidrasi.

Dampak dari dehidrasi dapat memperlambat metabolisme tubuh dan kebiasaan sedikit minum ini bisa membuatmu merasa lelah. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

Baca Juga :  CPNS APP Calon Hakim 2021, Mahkamah Agung Rencanakan Wawancara Dilakukan Secara Daring dan Tatap Muka

2. Jarang Sarapan

Sarapan merupakan hal penting untuk menambah energi, pada saat beraktivitas di setiap harimu. Ketika kamu sering melewatkan sarapan, kebiasaan itu akan membuatmu mudah lelah. Kondisi perut kosong bisa membuat juga bisa membuat tampak lesu.

3. Terlalu Banyak Karbohidrat Saat Sarapan

Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat sarapan, hal tersebut dapat meningkatkan glukosa dalam darah sehingga menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengantuk. Saat sarapan, usahakan makan dengan makanan tinggi protein untuk mencegah rasa lelah dan mengantuk.

4. Mengurangi Konsumsi Kafein

Kandungan kafein dalam tubuh memang membuat tubuh terstimulasi dan segar kembali, tetapi hal ini hanya terjadi sebentar dan kemudian tubuh akan kembali lelah, bahkan akan bertambah lelah. Jika kamu sedang merasa lelah, mengonsumsi kafein bukanlah hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan kelelahan.

Baca Juga :  Ada 11.000 Tiket Kereta Gratis dari PT KAI, Ini Syarat Mendapatkannya!

5. Sering Begadang

Kebiasaan satu ini dapat membuat tubuh kurang istirahat. Padahal, tidur merupakan salah satu cara memulihkan energi setiap hari. Bergadang dapat membuat energimu tidak 100 persen saat bangun dan beraktivitas. Alhasil, tubuh pun mudah merasa lelah.

Sementara itu, banyak hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membuat tubuh kembali segar. Kamu bisa rutin menjalaninya di rumah, tanpa perlu ke dokter. Upaya menghilangkan rasa lelah berlebih ini hanya perlu niat dan kedisiplinan, seperti:

  • Makan teratur dan bergizi
  • Tidur teratur, tidak berlebihan dan tidak begadang
  • Meminimalisir stres
  • Mengurangi konsumsi kafein
  • Minum air agar tubuh terhidrasi dengan baik
  • Menyisipkan waktu untuk berolahraga

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait