Awas!! Kasus Penipuan Online, Terus Meningkat di Masa Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Awas!! Kasus Penipuan Online, Terus Meningkat di Masa Pandemi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Awas!! Kasus Penipuan Online, Terus Meningkat di Masa Pandemi

SATUKANAL.com, KEDIRI– Di masa pandemi Covid-19, angka kasus penipuan online mengalami peningkatan, di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Kota Kediri.

Perihal tersebut diungkapkan oleh Kepala Polres Kota Kediri, AKBP Miko Indrayana, saat melakukan press conference Anev Kamtibmas Akhir tahun 2020 Polres Kediri Kota. Beberapa modus kejadian yang dilakukan dengan menawarkan kendaraan bermotor dan barang di media sosial (medsos).

“Di beberapa bulan kemarin, penipuan online sangat tinggi. Mungkin berdasarkan situasi pandemi covid-19 ini, digunakan oleh saudara-saudara kita untuk melakukan kegiatan yang tidak semestinya. Yakni penipuan melalui media Online,” ungkap AKBP Miko Indrayana, kepada Satukanal.com, Selasa (29/12/2020).

Dirinya juga menyebutkan, beberapa kemungkinan faktor yang menyebabkan marak penipuan online, salah satunya dikatakan kurangnya lapangan pekerjaan. Sehingga sampai berusaha melakukan modus-modus mendapatkan uang dalam penipuan online di media sosial.

Baca Juga :  Benarkah Ada Penarikan Tarif Pemakaman Jenazah Covid-19 di Kota Malang? Ini Penjelasannya

Untuk mengantisipasi hal tersebut, AKBP Miko menyampaikan akan terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait kasus penipuan online. Serta melakukan patroli Cyber kepada alamat akun yang ditelisik oleh para anggota Satreskrim Polres Kota Kediri.

“Cara modus mereka menawarkan kendaraan bermotor. Yang kedua menawarkan barang di Facebook maupun medsos lainnya. Hingga saat ini sedang diprofil oleh rekan-rekan Satreskrim,” tegasnya.

Selain penipuan online, kegiatan press conference Anev Kamtibmas Akhir tahun 2020 Polres Kediri Kota juga melaporkan beberapa angka kasus yang mengalami penurunan dari tahun 2019, ke tahun 2020.

Baca Juga :  6 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Kebijakan Cuti Bersama di Tahun 2021

Disebutkan angka penurunan tindak pidana dari tahun sebelumnya 2019 sebanyak 858 kasus. Hingga pada bulan Desember 2020 mengalami sebanyak 723 kasus. Dilanjut fungsi penanganan satreskrim, pengungkapan meningkat sebesar 17,8 persen pada tahun 2020.

Sedangkan angka kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Wilayah hukum Polres Kota Kediri juga mengalami penurunan, dari 584 kasus menjadi 418 kasus. Namun terjadi angka kenaikan jumlah kasus pada tindak pidana narkoba.

“Tindak pidana narkoba, mengalami kenaikan kasus. Pada tahun 2019 Satnarkoba dengan 66 kasus. Dan di tahun 2020 sebanyak 102 kasus. Hal tersebut terbentuk dari kerjasama masyarakat, dan profesionalisme kinerja para anggota,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait