Awas! di Tahun 2022 Bakal Ada Punishment Bagi PNS yang Hobi Nyantai - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aturan Terbaru! PNS, TNI, POLRI, BUMN, Swasta Dilarang Cuti Saat Nataru
Ilustrasi ASN (Foto: Humas Pemkab Malang)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Awas! di Tahun 2022 Bakal Ada Punishment Bagi PNS yang Hobi Nyantai

Satukanal.comNasional – Terbaru, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengubah penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai tahun 2022 mendatang. Penilaian tersebut nantinya akan dilakukan secara sistematis dan menjadi hasil dari kinerja pegawai.

Diketahui, kebijakan ini telah sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 30 tahun 2019 yang kemudian diturunkan ke dalam Permenpan RB nomor 8 tahun 2021.

“Manajemen kinerja yang berorientasi pada PP 30 tahun 2019 memuat satu rangkaian penilaian kinerja mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, penilaian, tindak lanjut penilaian kinerja, sampai dengan penerapan reward and punishment sesuai kinerja,” jelas Direktur Kinerja ASN BKN Achmad Slamet, Selasa, 16 November 2021.

Baca Juga :  Berkat Vaccinated Travel Lane, Warga RI Kini Tak Perlu Karantina

Sementara itu, BKN juga tengah menyiapkan aplikasi bernama Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (Simpegnas), yang akan mengintegrasikan penilaian kinerja para PNS.

Melalui aplikasi Simpegnas ini akan mengintegrasikan sistem penilaian kinerja sejumlah instansi pemerintah di pusat. “Sistem manajemen kinerja terintegrasi akan mulai diterapkan pada tahun 2022,” ungkapnya.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama menjelaskan, reward akan diberikan kepada pegawai yang nilainya mencapai di atas 60-120, diantarannya:

  • Untuk nilai 100-120 akan diberikan predikat sangat baik,
  • Untuk nilai 60-100 diberikan predikat baik,
  • Untuk nilai yang tidak mencapai 60 atau di bawah 50 akan dikenai sanksi. Namun, tetap diberikan kesempatan memperbaiki kinerjanya selama 6 bulan.
Baca Juga :  Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ditargetkan Beroperasi Pada 2049

Satya mengatakan, dengan adanya sistem nilai dan predikat ini maka PNS tidak bisa lagi berleha-leha dalam bekerja. Sanksi bagi para PNS akan diberikan berupa:

  • Dipindahkan ke tempat lainnya,
  • Diturunkan jabatannya,
  • Bahkan bisa diberhentikan dengan hormat.

“Apabila yang bersangkutan tidak dapat meningkatkan kinerjanya, maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi, berupa dipindahkan ke tempat lainnya, diturunkan jabatannya atau bahkan bisa diberhentikan dengan hormat,” tegasnya.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait