Aturan Baru Polri, SIM C Bakal Digolongkan Jadi SIM C1 dan C2 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aturan Baru Polri, SIM C Bakal Digolongkan Jadi SIM C1 dan C2
ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)/ Foto: polri.go.id
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Aturan Baru Polri, SIM C Bakal Digolongkan Jadi SIM C1 dan C2

Satukanal.com, Nasional – Belum lama ini, aturan terbaru Surat Izin Mengemudi (SIM) C telah dirilis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Perpol Nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM.

SIM sendiri merupakan bukti legitimasi kompetensi pengemudi sesuai jenis dan golongan SIM yang dimilikinya setelah memenuhi sejumlah persyaratan dan dinyatakan lulus melalui proses pengujian.

Dalam aturan tersebut, dijelaskan bahwa akan ada penggolongan untuk SIM C. SIM C yang dikhususkan untuk pengendara motor kini terdiri dari tiga golongan yakni:

  • SIM C berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc
  • SIM C1 berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik
  • SIM C2 berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.
Baca Juga :  Pendapatan Pajak Daerah Belum Capai Target, Sutiaji: Masih Batas Wajar

Adanya aturan terbaru itu juga menjadikan para pengguna motor gede (moge) ataupun motor listrik sebentar lagi harus memiliki SIM C1 atau SIM C2, tergantung kapasitas mesin kendaraan yang dimilikinya.

Arief Budiman selaku Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri menyebutkan, SIM C2 berlaku untuk semua golongan. Namun, untuk SIM C1 juga berlaku untuk penggunaan motor dengan golongan di bawahnya.

“Jadi tidak perlu memiliki tiga SIM sekaligus, tinggal sesuaikan dengan kapasitas mesin sepeda motornya,” ucapnya, dilansir dari detikOto, Jum’at (04/06/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan jika sudah memiliki SIM C2 maka diperbolehkan untuk mengendarai motor listrik, motor cc kecil dan motor gede tanpa perlu membawa jenis SIM yang lain. Meski demikian, ada persyaratan naik golongan SIM yang perlu diperhatikan.

Baca Juga :  Kantongi Sertifikat Standar Protokol, Kaliwatu Rafting Aman

Apalagi peningkatan golongan SIM dibuat secara berjenjang, sehingga pemilik SIM harus terlebih dahulu memiliki SIM di bawahnya untuk periode satu tahun.

Adapun rinciannnya adalah untuk pemohon kenaikan golongan ke C1 sebelumnya harus memiliki SIM C yang telah digunakan selama 12 bulan sejak diterbitkan. Kemudian untuk dapat memiliki SIM C2 maka SIM C1 yang dimiliki telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C1 diterbitkan.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait