Aturan Baru, KPK Gelar Sosialisasi e-LHKPN di Kota Malang | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Aturan Baru, KPK Gelar Sosialisasi e-LHKPN di Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Sosialisasi tentang Peraturan No 7 tahun 2016 di Balai Kota Malang, Rabu (7/6). Berada di ruang rapat yang berada di lantai 2, Sosialisasi dimulai sejak pukul 8 pagi tadi dihadiri oleh Wali Kota Malang dan hampir seluruh SKPD yang berada di lingkungan pemerintah Kota Malang.

Adapun peraturan KPK No 7 tahun 2016 berisi peraturan dan tatacara terbaru terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Perubahan terbaru itu misalnya mekanisme pengisian yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini sudah lebih modern dengan pendaftaran berbasis elektronik atau disebut (e-LHKPN). Acara tersebut juga bermaksud untuk memperkenalkan aplikasi e- LHKPN itu.

Baca Juga :  Bocah Asal Banyuwangi Berhasil Rebut Juara Lomba Tembak Reaksi di Malang

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang, H Moch Anton menyampaikan bila perubahan aturan dalam pelaporan harta kekayaan ini dari sitem manual menjadi Elektronik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (E-LHKPN) dirasa cukup bermanfaat.

“Sekarang lebih mudah karena kalau dulu banyak tahapan yang diisi tapi sekarang lebih ringkas. Kalau data salah bisa langsung hapus,”tutur pria yang kerap dipanggil Abah Anton.

Abah Anton juga mengatakan bila pelaporan untuk di Kota Malang dinilai untuk saat ini telah sangat bagus. Dari total 57 orang wajib lapor kekayaannya, hanya 2 orang saja yang belum wajib melaporkan.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hias Minim Perawatan Dan Cocok Bagi Pemula

“Hal itu karena saat baru laporan sudah pindah tata caranya pengisianya secara eletronik dan akhirnya diminta masuk tahun 2017,” jelas Abah Anton.

Selain itu, terkaitnya penambahan OPD baru yang juga pasti disesuaikan dengan pelaporan kekayaan ini, Abah mengatakan bila orang seandinya seseorang menduduki jabatan baru walau sudah pernah maka ia juga diminta tetap mengajukan laporan baru.(iqb)

Kanal Terkait