Atasi Kemacetan, Pemkot Malang Rencanakan Pembangunan Jembatan Tlogomas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Atasi Kemacetan, Pemkot Malang Rencanakan Pembangunan Jembatan Tlogomas
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Atasi Kemacetan, Pemkot Malang Rencanakan Pembangunan Jembatan Tlogomas

Satukanal.com, Malang – Sebagai wilayah dengan tingkat mobilitas yang tinggi, kemacetan akrab terjadi di wilayah Kota Malang saat ini.

Fenomena kemacetan di jalanan Kota Malang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, volume kendaraan yang terus meningkat, sarana aksesibilitas jalan yang kurang menunjang hingga pada persoalan perilaku pengguna jalan itu sendiri.

Titik kemacetan di wilayah Kota Malang merujuk pada cukup banyak lokasi. Namun, lokasi yang sering mengalami kemacetan parah meliputi wilayah Jalan Soekarno–Hatta, Dinoyo dan Tlogomas.

Kemacetan di ketiga lokasi itu dikarenakan jalur tersebut merupakan akses utama dari Kota Malang menuju wilayah Kota Batu.

Baca Juga :  1 Keluarga Positif, 1 RT di Lowokdoro Swab Massal

Di akhir pekan, terutama di masa sebelum pandemi Covid-19, kemacetan akan terjadi selama berjam-jam akibat volume kendaraan yang banyak serta ruas jalan tidak menampung jumlah kendaraan.

Selain itu, banyaknya fasilitas umum seperti perguruan tinggi, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain-lain yang berada di sekitar tiga lokasi tersebut juga mempengaruhi arus lalu lintas.

Menanggapi permasaalahan tersebut, Pemerintah Kota Malang mulai memikirkan solusi untuk menanggulangi permasalahan kemacetan yang terjadi, salah satunya dengan membuka akses jalan baru.

Dikutip dari lama Surya.co.id, Walikota Malang, Sutiaji mengatakan bahwa, solusi menangani kemacetan di wilayah Tlogomas, Dinoyo dan Soekarno Hatta dengan pembangunan Jembatan Tlogomas-Tunggulwulung.

Baca Juga :  Guru TK Tersandung Pinjol, Ini Insentifnya Tiap Bulan

Penambahan jalan baru dan pembangunan Jembatan Tlogomas-Tunggulwulung juga menjadi catatan Komisi C DPRD Kota Malang agar dapat segera terealisasikan di tahun 2021.

Selain pembangunan jembatan, akan ada upaya pelebaran ruas jalan di kawasan Tunggulwulung dan Dinoyo bagian dalam yang saat ini kondisinya cukup sempit untuk dilalui kendaraan.

Pembangunan yang rencananya akan direalisasikan pada 2021 ini diharapkan mampu menyelesaikan persoalaan kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kota Malang dalam beberapa waktu belakangan.

 

 

 

 

Pewarta : Albertus Aliandu
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait