Asyik, 5 Sayuran ini Mudah Ditanam di Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Asyik, 5 Sayuran ini Mudah Ditanam di Rumah
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Asyik, 5 Sayuran ini Mudah Ditanam di Rumah

SATUKANAL.com, NASIONAL– Memiliki sayuran hasil dari kebun sendiri di rumah memang menjadi kesenangan tersendiri. Hasil tanaman yang dikonsumsi tentu akan sangat mengasyikkan. Apalagi, cara ini lebih sehat ketimbang membeli sayuran di pasar atau supermarket. Karena biasanya sayuran yang dijual di pasaran menggunakan pestisidaa untuk menghindari hama.

Tak hanya itu, menanam sayuran sendri juga akan membuat anggaran rumah tangga menjadi lebih hemat dan menghindarkan diri dari pemborosan karena membeli yang berlebihan. Berikut, lima jenis sayuran yang bisa ditanam di rrumah menurut Real Living:

1.Kangkung

Sayuran berdaun da berakar ini dapat dengan mudah bertunas di mana saja, tetapi harus ada lahan yang cukup luas. Untuk menanam kangkung, caranya sangat mudah. Cukup sebar bibit kangkung yang bisa dibeli di pasaran.

Usahakan jangan terlalu berjarak antara satu dengan lainnya. Tau bisa menggunakan pot atau plibag dengan media tanam campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Karena, kangkung sangat menyukai air, untuk itu, jangan sampai media tanamnya kering.

2.Tomat

Tomat dapat dengan mudah ditanam di dalam pot atau polibag, sehingga tomat menjad salah satu tanaman sempurna untuk ditanam di rumah. Ada trik yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan tanaman tomat yang bagus dan sehat yaitu dengan menggunakan wadah besar.

Selain itu, trik lain yangdapat dilakukan yaitu dengan menjemurkan di bawah sinar matahari hampirsepanjang hari. Lalu, jangan lupa untuk memberi airdan pupuk yang cukup. Agar tanaman ternutrisi dengan baik.

3. Cabai

Cabai relatif mudah diitanam. Dengan membeli benih di pasaran atau memilih cabe yang sudah tua, lalu diletakkan begitu saja di atass media tanam. Maka, cabai akan dapat tumbuh. Setelah tumbuh daun sejati, pisahkan satu persatu bibit ke dalam pot atau polibag besar.

Selanjutnya, tinggal diberi pupuk dan rawat tanaman agar terhindar dari hama. Pupukdapat diberikan setelah 20 hari. Sedangkan tanaman cabai akan bertunas setelah kurang lebiih 75 hari.

4. Selada

Menanam selada relatif mudah dilakukan, meski membutuhkan sedikit ruang untuk menanamnya. Cara yang dapat dilakukan yaitu, siapkan benih selada. Kemudian taburkan benihh selada di nampan benih.

Setelah 20 sampai 30 hari, pindahkan ke polibag atau pot dengan tanah yang halus. Jangan lupa untuk memberi pupuk dan siram dengan air yang cukup agar selada dapat tumbuh dengan baik/

5. Pakcoy

Pakcoydapat ditanam dari biji yaituu dengan menabur benih di nampan beniih dengan campuran pot. Kemudian, ditutup dengan plastik dan diletakkan di baki besar pada area yang sebagian terkena sinar matahari.

Setelah bibit berumur 10 hari, pindahkan ke pot yang lebih besar di tempat teduh ssebagian. Beri pupuk dan rawat secara berkala. Tunggu hingga pakcoy berdaun besar dan cukup dewasa untuk bisa dipanen.

 

 

 

Pewarta:  Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait