Asik Berwisata Sekaligus Belajar Budidaya Anggrek - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Asik Berwisata Sekaligus Belajar Budidaya Anggrek
Dedek Setia Santoso, Wakil Ketua Wisata Eduaksi Dadaprejo (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Asik Berwisata Sekaligus Belajar Budidaya Anggrek

Satukanal.com, Batu Berwisata sekaligus belajar budiadaya Anggrek barangkali menjadi tujuan para wisatawan keluarga. Salah satu destinasi yang bisa mewujudkannya ialah Wisata Kampung Aggrek yang berada di bawah naungan Wisata eduaksi Dadaprejo.

Selain melepas penat, wawasan dan pengetahuan baru bisa didapatkan. Segi kemanfaatan berpariwisata tentu turut diperoleh. Disini pengunjung juga bisa belajar cara pembudidayaan anggrek dari awal hingga akhir.

“Saya dulu memulai usaha anggrek berbekal usaha, sangat sulit mencari orang yang mau berbagi ilmu saat itu. Saya tidak mau ada orang yang mau belajar anggrek, seperti saya dulu,” kata Dedek Setia Santoso, Pengusaha Anggrek sekaligus Wakil Ketua Wisata Eduaksi Dadaprejo, Senin (14/6/2021) pada Satukanal.com.

Baca Juga :  Coban Talun Tak Lagi Seksi, Warga Mati Suri

Kehadiran wisata kampung anggrek tersebut, bukan terjadi secara cepat. Kala itu, Dedek menciptakan embrio kampung wisata dengan membagikan 4 ribu anggrek ke masyarakat setempat.

Selain itu, dia juga memberdayakan warga untuk ikut menanam anggrek. Dampak ekonomi kepada masyarakat juga turut dirasakan. “Saya ajak tanam, jadi mereka tidak perlu menanam hingga berbunga. Karena pasti memakan waktu lama. Masih bibit sudah saya beli,” paparnya.

Baca Juga :  Duh, Pengrajin Tempe di Batu Terseok-seok Diterpa Badai Harga Kedelai

Kemudian, pria berbadan gempal ini juga menyiapkan pasar bagi para pembudidaya sekitar. Sekarang kurang lebih ada 110 green house anggrek di sekitar Dadaprejo. Seluruhnya dikelola dengan baik agar bisa memberdayakan warga lokal.

Kesulitan-kesulitan para petani anggrek juga bisa dikonsultasikan lewat pelatihan yang ada. Mereka bebas bertanya hingga mendapat jawaban yang pasti. “Anggrek adalah salah satu tanaman yang harganya stabil. Jangan takut gagal ketika belajar, karena kita bisa sukses lewat kegagalan itu,” tutupnya.

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait