Arief Budiman Pantau Simulasi Nasional di Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Arief Budiman Pantau Simulasi Nasional di Kabupaten Kediri
Arief Budiman, melakukan pemantauan program nasional yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kediri.
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Arief Budiman Pantau Simulasi Nasional di Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI Ketua Pusat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman, melakukan pemantauan program nasional yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kediri.

Program  nasional tersebut ialah Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sirekap di TPS, yang diadakan serentak di tiga Provinsi, dan berada di Empat Kabupaten/Kota.

“Hari ini kita melakukan di Jawa timur ada dua, yaitu Kediri dan Sumenep. Kemudian di Sulawesi Selatan ada di Goa dan Jambi. Jadi ada empat kota hari ini bersamaan, seterusnya nanti akan melakukan pemungutan suara sampai sirekap,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, kepada Satukanal.com, Sabtu (31/10/2020).

Arief juga mengungkapkan, agenda simulasi nasional ini ialah penyempurnaan dari draft PKPU yang telah dibuat KPU RI.

Diakatakan, sebelumnya sudah dilakukan pembahasan draft Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk Sirekap. Kegunaan draft tersebut nantinya untuk antisipasi masa pandemi Covud-19. Selain itu juga untuk penyelenggaraan Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Umum (Pemilu) agar lebih baik.

“Ini program nasional. Kami sudah melakukan beberapa kali baik pemungutan suara atau si rekap. Mereka (KPPS) akan mengirim bersama-sama ke pusat data kita,” terang Arief.

Dirinya juga menambahkan, alasan untuk memilih kunjungan ini ialah terkait kesiapan penyelenggaraan program nasional. Hal tersebut juga mendapat masukan dari KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten.

“Bagaimanapun juga, Kabupaten Kediri ada pasangan calon tunggal. Mungkin ini penting juga bagi kita untuk melakukan simulasi didaerah yang ada calonnya satu, dua, tiga, empat. Jadi ada variasi,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait