Area Wisata di Kota Malang Diuji Coba, Siapkan Protokol Kesehatan dan PeduliLindungi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Area Wisata di Kota Malang Diuji Coba, Siapkan Protokol Kesehatan dan PeduliLindungi
Hawai Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Malang yang mengikuti uji coba pembukaan wisata (Foto:hawaiwaterpark.com)
BERITA Kanal Straight

Area Wisata di Kota Malang Diuji Coba, Siapkan Protokol Kesehatan dan PeduliLindungi

Satukanal.com, Malang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Malang Raya turun level, dari sebelumnya level empat ke level tiga. Salah satu destinasi wisata di Kota Malang mengikuti uji coba pembukaan wisata di bawah kontrol Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Dari pengarahan dari pemerintah pusat untuk Kota Malang yang menjadi percobaan pembukaan destinasi wisata itu: Hawai Waterpark,” ujar Ida Ayu Made Wahyuni, kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang

Memang, kota/kabupaten yang masuk PPKM level 3 belum diperbolehkan membuka tempat wisata. Kendati demikian, sebagian wilayah terpilih untuk mengikuti uji coba. Menurut Ida Ayu, ada dua ketentuan utama yang harus dipenuhi dalam percobaan pembukaan wisata. Pertama Penerapan Protokol Kesehatan dan Kedua harus menyediakan aplikasi PeduliLindungi. “Tentu dengan menerapkan prokes kemudian ada aplikasi PeduliLindungi,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kampung tematik Kota Malang, menurut Ida Ayu, belum dilakukan pembukaan, menunggu hasil uji coba di sejumlah destinasi wisata yang sudah diusulkan.

Baca Juga :  Gandeng Fakultas Hukum UBI, Polresta Banyuwangi Sediakan 600 Dosis Vaksin

“Kalau uji coba lancar terus direkomendasikan boleh ya kita diperbolehkan dengan ketentuan itu tadi prokes dan aplikasi PeduliLindungi yang masuk ke situ, syaratnya sudah vaksin,” jelas wanita asal pulau Dewata ini.

Terpisah, Direktur Utama Hawai Group Malang Bambang Judo Utomo membenarkan, rencana uji coba pembukaan wisata tersebut. Hawai Group yang masuk dalam salah satu usulan uji coba pembukaan destinasi wisata telah melakukan kordinasi dengan Direktorat Managemen Industri terkait pemasangan QR-Code PeduliLindungi.

“Kami mempersiapkan semua protokol kesehatan dengan standar CHSE. Kami yang masuk dalam 20 usulan itu sedang koordinasi untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat utama pembukaan,” ucapnya.

Selain pemasangan aplikasi PeduliLindungi, seluruh karyawan Hawai group juga sudah mengikuti vaksinasi. Bambang mengatakan hanya akan membuka dua dari empat theme. “Kami yang ditunjuk, sementara akan membuka Malang Night Paradise dan Museum Ganesya untuk langkah awal uji coba pembukaan tempat wisata,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ratusan Hewan Peliharaan di Blitar Ikuti Vaksinasi Rabies

Di Bawah 12 tahun, Dilarang Masuk Tempat Wisata

Mengutip dari beritasatu.com, pemerintah melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 Jawa-Bali. Namun, anak usia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan untuk memasuki tempat wisata.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, 2 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Aturan ini diteken Mendagri Tito Karnavian pada 6 September 2021, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, tempat wisata yang masuk dalam daftar uji coba wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemkes).

Pengunjung dan pegawai wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining. Daftar tempat wisata yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Danu Sukendro

    Kanal Terkait