Aplikasi LOVEBALI kini Jadi Syarat Wisatawan Masuk Bali - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aplikasi LOVEBALI kini Jadi Syarat Wisatawan Masuk Bali
Ilustrasi masyarakat Bali (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Aplikasi LOVEBALI kini Jadi Syarat Wisatawan Masuk Bali

Satukanal.com, Nasional – Pembukaan lokasi wisata di Indonesia kini mulai banyak dilakukan pengelola wisata, tak terkecuali di Bali.

Untuk menunjang hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan menentukan beberapa aturan bagi para wisatawan, salah satunya dengan mewajibkan para misatawan memiliki aplikasi LOVEBALI di smartphone-nya masing-masing.

“Wisatawan yang datang ke Bali wajib mengunduh, memasang, dan memakai aplikasi LOVEBALI,” ungkap I Gusti Ngurah Puspa Udiyana selaku Kepala Seksi Aplikasi Informatika, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Bali dilansir dari Antara.

Terkait dengan persyaratan tersebut, sebelumnya telah tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15243 Tahun 2020 tentang Persyaratan Wisatawan Nusantara Berkunjung ke Bali.

Untuk diketahui, aplikasi LOVEBALI sebenarnya sudah dikembangkan dan akan berlaku mulai tahun 2020. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 di Indonesia yang kembali melonjak tajam, maka pemerintah setempat pun menunda dan mulai mengaktifkan aplikasi tersebut pada tahun ini.

Baca Juga :  PPKM Jawa Bali Diperpanjang, Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Lokasi Wisata

Fungsi aplikasi LOVEBALI

Aplikasi LOVEBALI ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fungsi dan fitur seperti pada aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, melalui aplikasi LOVEBALI pihak yang berwenang dapat melakukan pelacakan dan mengetahui riwayat perjalanan para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Tata cara mengisi aplikasi LOVEBALI

  • Kunjungi laman https://lovebali.baliprov.go.id/
  • Melakukan proses pendaftaran akun
  • Melakukan verifikasi akun (akan ada kode OTP yang dikirimkan ke email)
  • Lengkapi data diri (Data yang harus diisi di antaranya Titel, seperti Tuan, Nona atau Nyonya. Kemudian, isi nama, email, nomor handphone, nomor paspor atau NIK, kewarganegaraan, pekerjaan, tanggal lahir, bahasa , dan mata uang).
  • Isi halaman profil
  • Mengisi data kunjungan wisatawan
  • Setelah data terisi semuannya, kalian bisa memilih button simpan data
  • Secara otomatis akan tampil tulisan terima kasih.
Baca Juga :  Awas Pendarahan di Otak! Kenali Gejala Awal yang Perlu Diwaspadai

Persyaratan lain masuk ke Bali

  • Wisatawan wajib mengunduh aplikasi LOVEBALI
  • Sudah mendapatkan 2 kali vaksinasi Covid-19
  • Menyertakan hasil negatif swab PCR
  • Mengisi eHac yang terintegrasi dengan PeduliLindungi dan LOVEBALI.

Sementara itu, protokol kesehatan turut dilakukan lewat kerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas Covid-19), baik di tingkat desa, kabupaten dan provinsi. Proses pemantauan juga melibatkan TNI dan Polri. Nantinya turis asing yang datang akan dikarantina di 35 hotel di tiga wilayah, yakni Sanur, Ubud, dan Nusa Dua.

 

 

Pewarta : Viska 

Editor: Ubaidhillah

 

 

 

Kanal Terkait