Aplikasi e-AVIS, Ujian Teori SIM Bakal Bisa dari Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aplikasi e-AVIS, Ujian Teori SIM Bakal Bisa dari Rumah
Ilustrasi ujian teori SIM (Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Aplikasi e-AVIS, Ujian Teori SIM Bakal Bisa dari Rumah

Satukanal.com, Nasional – Perkembangan teknologi dan digitalisasi berdampak banyak bagi perubahan dalam gaya hidup masyarakat, termasuk sarana dan prasarana inovasi pemerintah guna mempermudah masyarakat dalam kepengurusan.

Seperti halnya, aplikasi Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS) yang akan diluncurkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Diketahui, aplikasi ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sementara itu, Perwira Administrasi (Pamin) Teori Satuan Penyelenggara Administrasi Satpas SIM Polda Metro Jaya, Ipda Aditya Ambarsari mengatakan, ke depannya, masyarakat tidak hanya bisa melakukan perpanjangan SIM secara daring. Namun, juga bisa mengikuti ujian teori sebagai salah satu syarat wajib pembuatan SIM.

Baca Juga :  Polresta Mojokerto Sita Ratusan Motor, Herex Community Jadi Sorotan

“Jadi kita memungkinkan masyarakat untuk melakukan ujian teori itu di rumah atau tidak harus datang di sini,” ujarnya melansir laman pikiranrakyat.com.

Meskipun telah melakukan uji coba pada 8 September lalu. Namun, hingga kini masih belum ada kepastian kapan aplikasi tersebut diresmikan dan dapat dipergunakan oleh masyarakat.

Kehadiran e-AVIS, diharapkan praktik calo pembuatan SIM dapat lebih ditekan. Sebab proses pengerjaan ujian teori diawali dengan pemeriksaan wajah pemohon melalui fitur face recognition.

Apabila aplikasi ini telah diirilis dan bisa digunakan secara umum, pemohon yang akan membuat SIM masih tetap perlu datang ke Kantor Satpas. Hanya saja sudah tidak perlu lagi mengikuti ujian teori di lokasi.

Baca Juga :  Denda Rp 250 Ribu Bagi Pengendara yang Tak Punya Kotak P3K di Mobil

Lalu bagaimana cara kerja dari aplikasi e-Avis? simak penjelasannya berikut ini:

  1. Unduh aplikasi e-Avis melalui tautan yang disosialisasikan pihak kepolisian
  2. Daftar dan lakukan proses pembayaran biaya pembuatan SIM seperti biasa dengan tarif normal
  3. Masukan nomor registrasi ke dalam aplikasi e-AVIS
  4. Masukan data seperti nama, nomor induk kependudukan (NIK)
  5. Masukan nomor telepon
  6. Proses pengerjaan menggunakan fitur face recognition sehingga wajah dari pemohon SIM bisa dipantau selama pengerjaan ujian
  7. Setelah dinyatakan lulus dari ujian teori, pemohon bisa mengikuti tes kesehatan dan praktik.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait