Apa Saja Bentuk dan Bagaimana Melaporkan Kasus Pelecehan Seksual, Ini Penjelasan LBH RK - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20210912-WA0042-7c90a410
BERITA Kanal Straight

Apa Saja Bentuk dan Bagaimana Melaporkan Kasus Pelecehan Seksual, Ini Penjelasan LBH RK

Satukanal.com, Kediri – Kasus pelecahan seksual belakanga ramai menjadi perbincangan di Kediri. Kurangnya bentuk pemahaman di masyarakat, mengakibatkan kasus pelecehan seksual tak tertangani secara hukum.

Hal ini di ulas dalam kegiatan Webinar Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rumah Keadilan Kediri, dengan tema “Pelecehan seksual disekitar kita: Kenali, Cegah, Laporkan, lindungi!” secara virtual, Minggu (12/9/2021).

“Jadi disini kita memberikan pembelajaran mulai dari pencegahan, sebagaimana untuk mengenali melaporkan dan melindungi. Jadi kita edukaskan masyarakat untuk mengenali pelecehan seksual,” ungkap Koordinator Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rumah Keadilan Kediri Fatwa Azis W, usai kegiatan webinarnya, Minggu (12/9/2021).

Dia juga mengungkapkan berbagai bentuk-bentuk kasus pelecehan seksual yang sering terjadi di masyarakat. Baik dilakukan dengan sadar, maupun secara tidak sadar kepada sebagian korbannya perempuan.

Mulai dari hal yang paling kecil berbentuk suara siulan, yang ketika saat melihat korban seakan-akan menjadi bergairah. Perilaku mencolek, mencium, memeluk, melakukan pemerkosaan, hingga dibarengi tindakan pembunuhan.

Unsur-unsur pelecehan seks yang diterima boleh korban disebutkan juga oleh Aziz, seperti adanya perasaan tidak nyaman, dan melanggar kesopanan serta perlakuan asusila itu sendiri.Dia pun menyarankan kepada para korban untuk menyelesaikan perilaku-perilaku tersebut sebagai upaya pencegahan pelecehan seksual.

“Harus secara tegas bisa melaporkan kepada teman atau rekan-rekan lain, yang kita percayai bisa membantu. Kalau misalnya terjadi di mall, bisa melaporkan ke satpamnya,” jelasnya.

Lalu ketika korban sudah melaporkan pelaku, harus disertai dengan memberi bukti-bukti sesuai KUHP. Yaitu adanya bukti dari keterangan saksi, saksi ahli, surat, petunjuk,dan keterangan terdakwa memang sudah terkumpul.

Pengajuan aduan kasus pelecehan seksual tersebut, bisa diproses di pengadilan. Sebab kasus pelecehan ini sangat berdampak traumatik bagi korban hingga akhir hayatnya. “Dan penyembuhannya sulit, dampak dari kasus tersebut biasanya akan teringat sepanjang hidupnya,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah 

Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait