Antisipasi Pasien Corona, RSUD Gambiran Siapkan 4 Ruang Isolasi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Antisipasi Pasien Corona, RSUD Gambiran Siapkan 4 Ruang Isolasi
foto : Ruang Isolasi di RSUD Gambiran
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Antisipasi Pasien Corona, RSUD Gambiran Siapkan 4 Ruang Isolasi

SATUKANAL, KEDIRI – Mengantisipasi masuknya virus Peneumonia Wuhan atau yang belakangan ini disebut virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran menyiapkan 4 ruang isolasi khusus untuk pasien yang terpapar virus corona. Selain itu, 10 tenaga medis juga disiapkan khusus apabila virus tersebut menyebar hingga di Kota Kediri.

Syahril Hidayat, Dokter Spesialis Paru RSUD Gambiran mengatakan, sejak mewabahnya virus corona di Wuhan China, dinkes langsung melakukan antisipasi dengan menunjuk RSUD Gambiran sebagai rumah sakit rujukan untuk pesien corona.

“Sejak awal kita sudah antisipasi dengan memmbuat 3 ruang isolasi khusus untuk perawatan, dan 1 ruang isolasi sementara yang ditempatkan di instalsi gawat darurat untuk penerimaan pertama,” ungkap Syahril saat dihubungi Satukanal.com, Jumat (31/1/2020).

Adapun ruang isolasi dilengkapi dengan masker khusus berstandar N95, sepatu boot, baju hogy, kacamata khusus, serta tutup kepala khusus.

Baca Juga :  KUBE Karangtaruna Desa Puncu, Mengalami Peningkatan 100% Permintaan Anggrek di Masa Pandemi

“Kami juga membentuk tim dari tenaga medis yang sudah terlatih, tim ini terdiri dari 10 tenaga medis, dan 3 dokter spesialis. Tiga spesialisasi tersebut yakni spesialis paru, dan anastesi penyakit dalam, spesialis anak, dan dokter spesialis laboratorium dan spesialis radiologi,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, kesepuluh tenaga medis tersebut akan bekerja bergantian selama 24 jam, jika terdapat pasien suspek penyakit corona. Selain RSUD Gambiran, semua rumah sakit swasta oleh dinkes juga diintruksikan untuk menyiapkan 1 ruang isolasi.

“Tidak hanya di sini nanti untuk antisipasi tersebut seluruh rumah sakit swasta juga disediakan. Namun apabila tidak memadai akan dirujuk ke sini,” katanya.

Selain menyiapkan ruang isolasi, Syahril juga menghimbau warga Kota Kediri untuk menjalankan hidup sehat serta menjaga kebersihan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Wuhan.

Baca Juga :  KSM Lahar Pang Kabupaten Kediri, Lakukan Pemberdayaan Petani Kopi di Lereng Gunung Kelud

“Upaya awal sementara untuk menghindarkan diri dari penyakit itu yakni dengan cara membiasakan hidup sehat mulai dari sekarang. Selain cuci tangan, makan dengan pola sehat seperti makan sayur dan kebutuhan protein juga perlu sekali dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan kebal terhadap virus yang datang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syharil mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat apabila mendapati gejala seperti demam, batuk disertai sesak nafas. Khususnya, jika ada riwayat kunjungan ke negara terkait 14 hari sebelum timbul gejala.

“Pemeriksaan akan penting membantu kita untuk upaya pendataan, pencegahan penyakit corona,” pungkasnya.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait