Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Larang Perayaan Tahun Baru - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Larang Perayaan Tahun Baru
Kembang api saat perayaan tahun baru (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Larang Perayaan Tahun Baru

Satukanal.com, Nasional – Sebagai upaya antisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah kembali melarang perayaan tahun baru. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan pada Senin (15/11/2021).

Nantinya, pemerintah akan memperketat pembatasan kegiatan masyarakat jelang libur Natal dan Tahun Baru. Pembatasan itu dilakukan karena tingkat kedisiplinan protokol kesehatan masyarakat makin menurun saat pelonggaran PPKM, padahal pandemi Covid-19 belum selesai.

“Menyambut Nataru yang akan datang, pemerintah akan berkoordinasi untuk mengetatkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi dan Protokol Kesehatan utamanya di tempat kerumunan,” terang Luhut.

Sementara itu, pemerintah juga memperkuat aktivitas testing dan tracing oleh TNI/Polri, penemuan kasus aktif, serta memasukkan pasien yang positif Covid-19 ke karantina terpusat untuk mencegah penyebaran virus di level keluarga.

Baca Juga :  4 Tips Basmi Gulma di Halaman Rumah

Selain memperkuat aktivitas testing dan tracing, program vaksinasi juga terus dilakukan. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, masih terdapat 47 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali yang suntikan dosis pertama vaksinasi untuk lansianya masih di bawah 50 persen dan 75 persen kabupaten/kota yang suntikan vaksinasi dosis kedua-nya masih di bawah 50 persen.

Serta, masih ada 16 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang cakupan vaksinasi umum dan lansia dosis 1 yang masih di bawah 50 persen. Pemerintah juga sudah memperpanjang masa berlaku PPKM Jawa-Bali selama dua pekan ke depan hingga 29 November 2021.

Baca Juga :  4 Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot

Kabupaten/kota dengan status PPKM Level 1 pada pekan ini menjadi 26 kabupaten/kota, PPKM Level 2 sebanyak 61 kabupaten/kota, dan PPKM level 3 sebanyak 41 kabupaten/kota.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Satgas Penanganan Covid-19, Senin (15/11/2021), terdapat penambahan 221 kasus infeksi baru, 11 kematian, dan 706 kasus dinyatakan sembuh.

Sehingga, secara akumulatif kasus infeksi di Indonesia mencapai 4.251.076 kasus. Dari angka itu, 4.098.884 telah sembuh, 143.670 meninggal dunia, dan masih dalam proses pemulihan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait