Antisipasi Dampak La Nina, Seluruh Air di 241 Bendungan Dikosongkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Antisipasi Dampak La Nina, Seluruh Air di 241 Bendungan Dikosongkan
Ilustrasi Bendungan di Indonesia
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Antisipasi Dampak La Nina, Seluruh Air di 241 Bendungan Dikosongkan

Satukanal.com, Nasional – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta seluruh bendungan yang ada di Indonesia, yakni sebanyak 241, agar segera dikosongkan.

“232 bendungan yang ada, plus sembilan yang baru ini. Jadi, total 241 bendungan yang besar itu akan kita akan kosongkan di titik yang terendah,” ujar Basuki di sela kunjungan persiapan peresmian Bendungan Karalloe, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (22/11), dikutip dari Antara.

Pengosongan bendungan tersebut dilakukan guna menampung debit air yang tinggi, yang disebabkan oleh dampak badai La Nina saat puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada akhir 2021 hingga awal 2022 mendatang.

Baca Juga :  Jangan Khawatir! Ini Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Rusak atau Hilang

Basuki juga menginstruksikan agar seluruh tanggul diperiksa, jika terdapat keretakan untuk dapat segera diperbaiki. “Jika ada yang retak dan tipis segera perbaiki. Sisanya, akan siap disiagakan untuk memberikan bantuan,” terangnya.

Sebagai informasi, Fenomena La Nina Moderat telah terjadi sejak pertengahan November, telah meningkatkan curah hujan bulanan hingga 70 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dikutip dari Jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik?

Peningkatan curah hujan tersebut hingga mencapai 70 persen. Selama November hingga April 2022 mendatang, curah hujan di Indonesia pun diperkirakan masih tinggi, karena La Nina Moderat dapat menambah curah hujan antara 100-150 milimeter per bulan.

Adanya kondisi tersebut, BMKG mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor agar tetap waspada. Sebab, dampak dari La Nina Moderat memungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait