Anti Menor! Paham Basic Makeup Penting Bagi Pemula - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Anti Menor! Paham Basic Makeup Penting Bagi Pemula
Basic Makeup untuk pemula (Foto: Naviska)
BERITA Kanal Artikel

Anti Menor! Paham Basic Makeup Penting Bagi Pemula

Satukanal.com, Malang – Terlihat cantik memang dambaan para wanita. Selain merawat kulit wajah dengan berbagai produk skincare. Makeup juga menjadi penunjang para wanita untuk tampil lebih fresh serta ada kepuasan tersendiri saat bisa membuat wajah terlihat lebih menarik

Bagi kalian yang menginjak usia remaja, penggunaan makeup seringkali salah dalam tahap pemakaiannya. Agar tidak salah saat pertama makeup, maka kalian perlu tahu beberapa urutan dasarnya. Berikut adalah rekomendasi basic makeup untuk para pemula dari Satukanal.com, simak selengkapnya:

1. Gunakan pelembab

Penggunaan pelembab merupakan salah satu step terpenting sebelum mulai mengaplikasikan makeup. Pelembap akan membuat kulit menjadi lebih siap sebelum dirias. Pelembab juga membuat makeup bisa tahan lebih lama.

Selain itu, menggunakan pelembab sebelum mengaplikasikan makeup juga mencegah kerusakan pada kulit wajah. Pemilihan pelembab juga harus melihat kondisi kulit. Apabila kondisi kulit wajah cenderung berminyak, gunakan pelembap oil-free agar tidak membuat kulit terlihat semakin berminyak.

2. Gunakan primer

Ketika kalian melihat beberapa tutorial makeup di beberapa kanal media sosial, penggunaan primer memang menjadi kunci rahasia agar alas bedak bisa bertahan lama hingga seharian.

Penggunaan primer cukup gampang, oleskan sedikit primer ke wajah dan ratakan ke seluruh wajah hingga ke leher. Tidak hanya membuat alas bedak bertahan lama, primer juga mampu mempermudah pemakaian foundation saat diaplikasikan ke wajah.

3. Aplikasikan Concealer

Urutan makeup selanjutnya yakni pengaplikasian concealer. Gunakan concealer pada bagian-bagian wajah yang memiliki bekas jerawat, serta bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap karena concealer berguna untuk menutupinya.

Baca Juga :  Membangkitkan Awareness Kekerasan Seksual Melalui Film “Penyalin Cahaya"

Selain itu, concealer juga memiliki fungsi lainnya seperti dapat merapikan riasan mata agar tampak lebih sempurna juga sebagai contouring.

Umumnya, concealer memiliki dua jenis varian yaitu concealer dengan tekstur cair dan concealer dengan tekstur cream. Saat pengaplikasian concealer, kalian bisa menggunakan jari tangan, beauty blender, atau brush.

4. Pilih Foundation atau BB Cream

Step selanjutnya adalah penggunaan Foundation atau BB Cream. Kalian bisa memilih salah satunya. Jika kalian masih remaja dan ingin makeup terlihat lebih natural maka gunakan BB Cream. Namun, jika ingin hasil make up yang berat, high coverage, dan tahan lama, kalian bisa pilih menggunakan foundation.

Hal terpenting saat menggunakan Foundation atau BB Cream adalah, harus menyesuaikan dengan tone warna kulit kalian. Apabila warnanya terlalu terang atau gelap maka bisa membuat wajah kalian belang seperti topeng.

5. Gunakan bedak padat atau tabur

Urutan selanjutnya yakni penggunaan bedak. Saat menggunakan bedak, ketahuilah terlebih dahulu kondisi kulit wajah kalian. Bagi kalian yang memiliki kulit normal dan cenderung kering, tak masalah menggunakan bedak padat.

Sedangkan untuk kulit yang berminyak, lebih disarankan untuk menggunakan bedak tabur. Ini dikarenakan bedak tabur bisa menahan lebih banyak minyak di wajah. Selanjutnya, carilah warna bedak yang sesuai dengan kulit wajah.

6. Menggambar alis

Gambar alis yang sesuai dengan bentuk wajahm kalian. Pilih warna yang senatural mungkin dan jangan yang terlalu pekat saat mengaplikasikannya. Menggunakan produk alis dengan warna yang terlalu pekat akan membuat hasil makeup mu terlihat tidak natural.

Baca Juga :  Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin

Untuk cara menggambarnya, bisa membuat bingkai alis sebelum mengisi dengan bentuk yang diinginkan. Bingkai tersebut bisa membantu kalian, agar saat mengisi alis tidak kelewatan.

7. Gunakan blush on

Penggunaan Makeup yang satu ini bisa membantu wajah terlihat lebih cerah. Cukup sapukan sedikit warna yang cocok dan wajah jadi bebas pucat dan terlihat lebih segar.

Untuk warnanya, kalian bisa memilih warna merah muda untuk kulit berwarna terang. Sedangkan untuk yang sawo matang, bisa menggunakan blush on berwarna oranye atau bata. Untuk kesan pipi yang tirus, bisa menggabungkan kedua warna tersebut.

8. Aplikasikan Eyeshadow

Urutan makeup terpenting selanjutnya yakni merias bagian mata. Penggunaan eyeshadow ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila ingin terlihat lebih dewasa, maka kalian bisa bermain dengan beberapa warna-warna eyeshadow. Namun, jika kalian ingin penampilan yang terlihat lebih natural. Maka kalian bisa menggunakan satu warna eyeshadow saja dan pilih warna-warna nude.

9. Gunakan lipstik

Pemilihan warna lipstik tentu tergantung dengan mood dan jenis makeup kalian pada hari itu. Jika sedang ingin natural, bisa memilih warna nude. Sedangkan, jika ingin makeup lebih dewasa bisa memilih warna merah dan warna terang lainnya.

Jenis lipstik yang bisa kalian pilih antara lain yang padat, cair, mousse, dan lip tint. Usahakan untuk memilih lipstik yang tidak membuat bibir kering.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Adinda

Kanal Terkait