Animo Pengunjung Masih Rendah, Kampung Tridi Masih Fokus Pulihkan Kondisi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Animo Pengunjung Masih Rendah, Kampung Tridi Masih Fokus Pulihkan Kondisi
ilustrasi suasana Kampung Tridi (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Animo Pengunjung Masih Rendah, Kampung Tridi Masih Fokus Pulihkan Kondisi

Satukanal.com, Malang – Pandemi yang tak kunjung usai membuat terpuruknya kondisi ekonomi, terutama sektor wisata seperti Kampung Tridi. Animo pengunjung turun hingga 80 persen dan harus berjuang dengan sisa-sisa kas untuk tetap menjaga keindahan destinasi wisata.

Sekertaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Tridi Nuryanto mengungkapkan, sejak pandemi dimulai pengunjung Kampung Tridi terus mengalami penurunan. Apalagi mayoritas pengunjungnya merupakan wisatawan dari luar Kota Malang.

“Apalagi dengan adanya pembatasan, yang luar kota tidak boleh kesini padahal mayoritas orang luar kota. Kan kita punya lokasi shooting nya Yowis Ben sebagai andalan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Pak Gempa itu menuturkan, wacana dilanjutkannya proses shooting Yowis Ben The Series sedikit memberi angin segar, namun sayangnya lagi-lagi batal terlaksana akibat kondisi pandemi yang belum usai.

Baca Juga :  Malber, Solidaritas Masyarakat untuk Warga Isoman di Kota Malang

Meski begitu, Kampung Tridi tetap dibuka untuk umum meski harus melalui pegawasan ketat dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) serta Satgas Covid-19 Kota Malang. Untuk mensiasati pembatasan yang diberikan saat ini, yakni melalui pembatasan terhadap pengunjung dengan iring-iringan besar.

“Kami sengaja batasi, semisal ada 5 bis yang datang kami masukan 1 bis dulu. Pokoknya tidak terjadi kerumunan,” imbuhnya.

Selain itu dia mengungkapkan, kini Kampung Tridi tengah dalam proses pemulihan kondisi perkampungan dalam masa Covid-19. Terlebih Kampung ini baru saja menyandang zona hijau beberapa waktu lalu. Untuk itu Pokdarwis Kampung Tridi sengaja menunda beberapa event, untuk fokus terhadap penguatan zona hijau.

Baca Juga :  Kemenag Kota Malang Imbau Warga Potong Hewan Kurban di RPH

“Kami kuatkan dulu zona hijaunya. Apalagi kita kemarin kuning bahkan hampir orange. Daripada kebablasan lagi sampe merah. Malah ditutup nanti kampungnya,” terangnya.

Selain itu Kampung Tridi kini tengah mempersiapkan event hari Sungai yang rencananya dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Namun Nuryanto menegaskan memperkuat kondisi kampung menjadi fokus utama Kampung Tridi saat ini.

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait