Animedoro, Pilihan Metode Belajar Untuk Para Pecinta Anime - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Animedoro, Pilihan Metode Belajar Untuk Para Pecinta Anime
Seorang perempuan yang sedang belajar (Foto: Pixabay)
BERITA Kanal Artikel

Animedoro, Pilihan Metode Belajar Untuk Para Pecinta Anime

Satukanal.com, Nasional– Pilihan metode belajar yang beragam terkadang membuat seseorang bingung memilih mana yang efektif untuk dirinya. Padahal, setiap orang memiliki kecenderungan dan kesenangan masing-masing yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses belajarnya.

Seperti halnya, dengan metode belajar Animedoro yang cocok diterapkan untuk para pecinta anime. Ketimbang menonton anime secara berkepanjangan dalam satu waktu, mencoba untuk menyelipkan tontonan anime di sela pembelajaran mungkin bisa menjadi pilihan.

Metode belajar Animedoro sebenarnya memiliki prinsip yang hampir sama dengan teknik klasik, pomodoro. Metode yang dikenal dengan pembagian waktu berupa 25 menit fokus dan 5 menit istirahat. Setelah, empat kali menyelesaikan pomodoro, barulah istirahat lebih lama yakni 15 sampai 60 menit.

Selain pomodoro, ada alternatif teknik yang bisa dicoba yakni Animedoro. Metode ini menyesuaikan dengan kegemaran setiap orang, khususnya berkaitan dengan anime ataupun shows pendek Netflix. Animedoro memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan selama 40 sampai 60 menit. Kemudian, dilanjutkan dengan 20 menit waktu istirahat.

Baca Juga :  Kaum Hawa Wajib Tau, Ini Cara Cek Kosmetik yang Terdaftar di BPOM

Animedoro pertama kali diperkenalkan oleh Josh Chen pada salah satu unggahan video YouTube-nya. Dalam penjelasannya, ia mengungkapkan bahwa keunggulan teknik ini yang ia nilai lebih efektif dibandingkan dengan pomodoro. Khususnya, dalam hal pembagian waktu dan pemberian reward yang memuaskan.

Lantas, kenapa anime? Karena, umumnya anime terdiri dari episode-episode tayangan pendek yang berkisar antara 15 sampai 20 menit. Sama halnya dengan shows pendek di Netflix dengan rata-rata durasi tiap episodenya ialah 2 menit hingga 25 menit. Durasi tersebutlah yang bisa dijadikan pilihan tepat untuk mengisi waktu istirahat setelah belajar selama periode waktu tertentu.

Tidak jauh berbeda dengan pomodoro, memulai teknik animedoro hanya perlu melakukan set timer 40 sampai 60 menit untuk melakukan pekerjaan. Selanjutnya, jika waktu tersebut habis dapat melakukan istirahat 20 menit dengan melihat satu episode anime/shows.

Nah, jika satu episode hiburan sudah selesai maka dapat kembali bekerja dengan waktu yang sama. Cara ini daapat diulangi terus-menerus secara kebutuhan dan keinginan. Meski begitu, dalam melakukan animedoro, kedisplinan menjadi poin utama yang harus diperhatikan.

Baca Juga :  Bantu Pelaku Pariwisata, Kemenparekraf Siapkan Bantuan 1,8 Juta

Waktu istirahat tidak boleh diperpanjang atau binge-watching sinema lebih dari satu episode sekaligus. Hal ini dilakukan agar tidak terjebak dalam kebiasaan prokratinasi atau menunda pekerjaan.

Bagi mereka yang tidak suka menonton anime ataupun shows pendek juga bisa menerapkan teknik animedoro. Misalnya, dnegan mengganti menonton anime atau shows pendek di waktu istirahat dengan kegiatan lain yang membuat lebih bergairah dan bersemangat.

Bisa dengan memasak makan sederhana, membuat kopi atau teh atau bisa melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Sehingga, tidak membuat terlau kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi saat belajar.

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait